Singkronisasi Rencana Pembangunan, Bupati Lebong Kopli Ansori Hadiri Musrenbangcam Topos

0
289

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Bupati Lebong Kopli Ansori Senin (14/02/2022) menghadiri dan membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Topos yang dilaksanakan di Aula Ruang Rapat Kantor Camat Topos. Pagelaran kegiatan musrenbangcam merupakan rangkaian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lebong Tahun 2023. Nampak selain Bupati Kopli Ansori, hadir juga Sekda Lebong Mustarani Abidin, Kepala Bappeda Lebong Agus Ferdinand dan sejumlah pejabat eselon II Pemkab Lebong serta Camat, jajaran Kades, Lurah serta unsur Tripika Kecamatan Topos.

Sebagaimana diketahui dasar pelaksanaan Musrenbang berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Kemudian Undang-Undang Nomor 17 tahun 2007 tentang Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Nasional tahun 2025, dan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebong tahun 2021 – 2026.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Lebong Kopli Ansori menyebutkan, Musrenbang merupakan salah satu dasar Pemkab Lebong menyusun rencana kerja tahunan, yang akan dilaksanakan di tahun berikutnya. Tentunya sejumlah usulan program yang diajukan dari Desa/Kelurahan yang dirangkum di Kecamatan, juga harus tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait, agar proses seleksi program prioritas yang diusulkan bisa terealisasi.

“APBD kita memang masih terbatas, selain dana sumber DAU kita memang harus disupport sumber DAK dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lebong. Karena keterbatasan anggaran itulah, tentunya usulan pembangunan maupun program yang prioritas yang akan diutamakan,” sampai Bupati Kopli usai acara.

Dilanjutkan Kopli, terkait semua usulan yang sudah dirangkum, itu akan dimasukkan dalam data base tim perencanaan Bappeda dan tentunya juga akan berkoordinasi dengan pihak OPD teknis terkait.

“Usulan masyarakat yang disampaikan Kades dan Lurah dan sudah direkap di Kecamatan akan dibawa ke Musrembang tingkat Kabupaten untuk singkronisasi . Dan kita juga sampaikan kepada masyarakat, dengan keterbatasan anggaran, maka program prioritaslah yang memang mendesak akan didahulukan,” Pungkas Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here