Kembangkan Hasil Kerajinan Daerah, Pengurus Dekranasda BU Dikukuhkan

PEWARTA : FIRDAUS 
PORTAL BENGKULU UTARA – Sabtu (18/3), sebanyak 31 orang pengurus Dewan Kerajinan Naional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), dikukuhkan oleh ketua umum Dekranasda Kabupaten BU Ny. Eko Kurnia Ningsih Mi’an, yang sebelumnya telah dilantik serentak oleh Ketua Dekranas Provinsi Bengkulu pada bulan Mei 2016 lalu. 
Pengukuhan digelar di balai daerah Kabupaten BU, dihadiri oleh Bupati BU Ir. Mi’an serta Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Haryadi, MM MSi, segenap unsur SKPD. Sebagai ketua harian Dekranasda dipercayakan kepada Ir Siti Qoriah Rosydiana, MM yang merupakan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten BU, dan seluruh  pengurus lainnya adalah pegawai di kantor Perdagangan tersebut. 
Pada kesempatan itu, Ketua umum Dekranasda BU Ny Eko mengharapkan organisasi daerah ini dapat berkembang dan maju dengan pesat, dimana dari Dekransda inilah, dapat mendata seluruh kerajinan di daerah BU agar dapat dipromosikan dan dipamerkan baik tingkat Provinsi maupun ditingkat Nasional. 
” Kami akan berusaha untuk memperkenalkan produk serta hasil kerajinan dari BU, agar dapat dikenal oleh masyarakat luar mulai dari Provinsi hingga nasional,” ujarnya singkat. 
Selaku ketua Dekransda BU ia mengatakan, selama ini dirinya sudah sering turun ke desa-desa untuk menemukan beberapa kerajinan dan produk yang dihasilkan oleh masyarakat. Sayangnya menurut istri dari Bupati ini, produk yang ia temukan tidak dapat di produksi secara massal, lantaran tidak ada penampung dari hasil kerajinan tersebut. 
Dengan dikukuhkannya kepengurusan Dekranasda ini, ia mengharapkan dapat aktif dan bersinergi dengan tim penggerak PKK untuk dapat membantu pemasaran hasil produksi yang dibuat oleh masyarakat. 
” Kita wajib membantu memasarkan produk unggulan kita, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan membesarkan BU dari kerajinan dan produksinya,” imbuh Ny Eko. 
Sementara itu, Bupati BU pada kesempatan itu berpesan, agar dengan dibentuknya organisasi ini, akan siap membantu dan memfasilitasi kegiatan Dekranasda yang dapat menunjang perekonomian masyarakat. Ia pun menegaskan tidak hanya akan menyumbangkan saran agar produk dari Bengkulu Utara, justru akan memberikan support penuh agar kerajinan serta produk masyarakat dapat dikenal oleh masyarakat luar.
Bupati mengatakan, Dia siap membantu agar produk asli daerah ini untuk dipatenkan, melalui OPD baru yakni, Badan Litbnang sehingga produk kerajinan masyarakat dapat menjadi icon kebanggaan bagi masyarakat. 
” Kita aklan support penuh Dekranasda ini, mulai dari sara hingga mempatenkan jika ada produk asli masyarakat dari BU. Hal ini perlu kita lakukan dengan harapan kedepan ini dapat menjadfi kebanggan wilayah BU,” singkatnya. 
Untuk diketahui, Dekranasda ini merupakan sudatu wadah untuk mempromosikan kerajinan tangan yang dibuat oleh masyarakat Kabupaten BU, sehingga hasil yang dibuat dapat ditampung dan dapat dijual keluar daerah.(adv) 
Editor : Junaidi
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *