Promosi Kesehatan, Pemkab Rejang Lebong Gelar Diskusi Germas

PEWARTA: ZULFIMAIDI REJANG LEBONG 


Kadis Kesehatan Prov Bengkulu, Herwan Antoni 
PORTAL – Dalam upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL) gelar forum diskusi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Diskusi yang digelar di hotel Griya Anggita Curup, Senin (10/04) ini menghadirkan pembicara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni MM MKes.
Dalam paparannya, Herwan mengatakan, Germas merupakan gerakan untuk promosi kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat yang digerakkan secara sistematis dan terencana, dilaksanakan oleh segenap elemen kesehatan.
“Kita menghadapai masalah kesehatan triple barden yang terjadi dalam dekade 10 tahun terakhir. Sekarang terjadi perubahan pergeseran pola hidup, 2015 terjadi penyakit tidak menular yaitu perubahan karena prilaku gaya hidup, merupakan yang terbanyak terjadi di Indonesia,” papar Herwan.

Penyakit-penyakit tersebut, menyebabkan beban pemerintah menjadi lebih berat terutama dari segi sarana prasarana, biaya kesehatanpun menjadi membengkak, nahkan BPJS banyak terhutang.

Dimaksudkan oleh Herwan, anatara lain penyakit Struk, jantung, diabetes dan kecelakaan lalulintas. Gerakan ini katanya, menganjurkan untuk lebih meningkatkan aktifitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayuran serta tidak merokok, kemudian memeriksakan kesehatan secara rutin.
Forum Diskusi Germas ini diikuti 50 orang  yang terdiri dari Lintas Sektor, OPD dan 14 orang Lintas Program dikabupaten Rejang Lebong.
Editor: Uj
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *