Jebol, Bangunan Bendungan Air Karat Diduga Gagal Kontruksi

0
961

PEWARTA : RUDHY  M FADHEL

SELASA 26 MARET 2019

PORTAL LEBONG – Bendungan Air Karat didesa Bukit Nibung Kecamatan Bingin Kuning diduga Gagal Kontruksi dibangun sekitar juli 2017 dan dimanfaatkan sekitar september 2017 namun sekitar pertengahan 2018 bendungan tersebut hancur sehingga warga desa bukit nibung terkena dampak dari jebolnya bendungan tersebut.Haltersebut dikatakan Nazarudi selaku kades didampingi prangkat desa beserta warga yang terkena imbas.

“Hanya dengan hitungan beberapa bulan bendungan tersebut jebol hingga mengakibatkan lahan milik warga terkena imbas,”kata Nazarudi.

Selain itu Nazarudin menjelaskan,selama jebolnya bendungan dari tahun 2018 baru   sekarang pihak kecamatan Bingin Kuning,BPPP tes,dan Dinas Ketahanan Pangan melihat kondisi lokasi tersebut.

“Pihak Badan Penanggulanan Bencana Daerah dan dinas PUPR belum sama sekali melihat kondisi tersebut.Pemdes Bukit nibung juga sudah berusaha berkontrubusi dengan pihak kecamatan berinisiatif merehap bangunan yang diduga gagal kontruksi tersebut melalui Dana Desa namun camat Bingin Kuning Ir Eva Gustiantina tidak memperbolehkan karena melanggar aturan,namun kami hanya ingin membenarkan bendungan tersebut untuk keperluan warga setempat.Harapan kami pemerintah terkait memberikan solusi dan membangun bendungan tersebut dam menormalisasi””ujar Nazarudin.

Sementara itu Endang selaku pemilik lahan yang terkena dampak mengaku sangat sulit mengelolah sawah yang sudah banyak tumpukan pasir sehingga perlu banyak pupuk bahkan dua kali lipat dari pupuk sebelumnya.

“Dulu pupuknya sekitar 5 karung saat ini berlimpat ganda itupun tidak sebagus yang dulu bahkan pupuk yang didobel jga banyak yang tidak panen dalam satu lahan” sampainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here