lebong  

RSUD Lebong Kembangkan Inovasi Pelayanan Fisioterapi

PEWARTA : RUDHY M FADHEL

RABU 24 APRIL 2019

PORTAL LEBONG – Dalam rangka meningkatkan mutu serta kualitas pelayanan kepada masyarakat,  RSUD Lebong atau yang dikenal sebagai RSUD Ujung Tanjung terus berinovasi. Saat ini, RSUD yang dipimpin oleh dr.  Ari Afriawan selaku Direktur  tengah mengembangkan inovasi pelayanan fisioterapi. Hal ini dilakukan oleh direktur dan manajemen RSUD serta didukung penuh oleh para dokter dan staf serta tenaga medis lainnya. Dalam pantauan media portalbengkulu.com terlihat ada jenis layanan baru yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat Lebong disamping layanan lain yakni layanan fisioterapi.

Seperti diketahui fisioterapi adalah terapi layanan rehabilitasi untuk memulihkan, mengembangkan dan merawat gerak fungsi tubuh dengan berbagai program latihan, tehnik elektroterapi & fisioterapi manual. Layanan fisioterapi meliputi konsultasi, edukasi, asasmen, dianogsa,evaluasi & re-evaluasi.

Metode terapi yang dilakukan pada setiap sesi fisioterapi sebenarnya sangat praktis, lengkap dan spesipik,semua program tergantung dengan kebutuhan masing-masing pasien. Fisioterapi juga membutuhkan keterlibatan pasien untuk aktive dan tekun dalam menjalani latihan yang diberikan.

Layanan fisioterapi meliputi :

1. pediatric servis – layanan terapi rehabilitasi pada anak untuk membantu perkembangan anak.

2. General physiotherapi- layanan fisioterapi secara umum tergantung dengan kebutuhan pasien.

3. Stroke servis – layanan terapi pada pasien stroke meliputi fisioterapi, terapi wicara dan terapi okupasi.

”Sekarang ini, RSUD Lebong sudah membuka pelayanan baru yaitu pelayanan Fisioterapi. Fisioterapi ini bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, komunikasi,” ungkap Dwi Wahyuni, AMF, Tenaga Ahli Fisioterapi.

Ditambahkannya.

”Seorang fisioterapis dapat membantu individu/masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan dan mencapai kualitas hidup setinggi-tingginya, melalui bentuk palayanan promotif, preventif, kuratif, habilitatif dan rehabilitatif. Pihak RSUD membuka pelayanan fisioterapi dengan melakukan kegiatan pelayanan gratis khusus  anak-anak keterlambatan tumbuh kembang dari tanggal 22-27 April 2019. Kegiatan ini diharapkan akan memberikan hal positif di masyarakat,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Direktur RSUD Lebong, dr. Ari Afriawan.

”Ini merupakan pengembangan pelayanan RSUD tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pelayanan bagi masyarakat lebong. Cara mendapatkan pelayanan sama seperti pelayanan yang lain. Karena tenaga fisoterapi hanya 1 orang sedangkan waktu pelayanan bisa sampai 30 menit untuk 1 orang. Teknisnya nanti akan dibatasi maksimal 6 -7 orang per harinya,” terangnya.

Lebih Lanjut dr. Ari menerangkan.

”Untuk BPJS belum bisa dilayani karena tidak dalam paket pelayanan. Jadi ada tarif sendiri untuk pelayanan fisioterapi. Harapannya kedepan masyarakat Lebong dapat memanfaatkan pelayanan fisioterapi di RSUD lebong. Kalau ada yang dekat ngapain jauh-jauh,” tandasnya.(adv)
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *