lebong  

Polres Lebong Tinjau Lokasi Tanggul Jebol, Alat Berat Segera Diturunkan untuk Normalisasi

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Tingginya curah hujan dan meluapnya material batuan serta pasir di bendungan 2 Dam Sabo Desa Bungin, Kecamatan Bingin Kuning, Kabupaten Lebong dan masuknya Air Bungai yang mengandung belerang ke sungai Air Karat dan irigasi newdam bawah serta newdam atas serta Air Cendam Padang Peak Desa Bungin dan Talang Liak Satu dan Talang Liak 2 dimana air ini akan terus mengalir ke wilayah persawahan warga di dua kecamatan lainnya yaitu Lebong Sakti dan Lebong Tengah serta ke wilayah lebong lainnya.

Sebagaimana yang diberitakan media ini beberapa hari lalu sejumlah warga Desa Bungin dan Talang Liak Satu serta Talang Liak 2 mengeluhkan bibit padi yang mereka semai untuk turun pada musim tanam pada tahun ini mati dengan akar yang membusuk. Sehingga peristiwa ini mengancam upaya warga untuk turun tanam pada musim tanam tahun ini.

Adalah Yuswan Edi, Kades Bungin menyampaikan kepada awak media ini bahwa telah terjadi kerusakan pada tanggul Air Bungai di hulu bendungan 2 Dam Sabo pada awal Desember lalu akibat menumpuknya material batuan dan pasir di dalam bendungan dimaksud meluber dan merusak tanggul sehingga mengakibatkan kematian dan gagal tumbuh pada bibit padi yang disemai oleh warga untuk ditanam pada musim tanam tahun ini.

Menyikapi peristiwa dan hal tersebut, Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, S.IK melalui Kapolsek Lebong Selatan, Iptu. L. Naibaho SH dan jajaran serta didampingi Camat Bingin Kuning, Ir. Eva Gustiantina pada Senin (30/12) melakukan peninjauan ke lokasi tanggul yang rusak.

Kapolsek menyampaikan bahwa pihaknya segera akan berkordinasi ke semua pihak untuk mengatasi permasalahan ini.

”Kita minta camat untuk segera melaporkan ke pemerintah daerah dan saya akan berkordinasi dengan pihak Pertamina Geothermal Energi Hululais agar bisa memberikan bantuan berupa alat berat untuk melakukan normalisasi aliran sungai di lokasi bendungan 2 Dam Sabo agar air sungai yang mengandung belerang tersebut tidak masuk ke areal persawahan warga dan mencemari sungai serta irigasi yang ada di sekitarnya. Kita kawal alat berat untuk menuju ke lokasi tanggul,” tutup Kapolsek. .

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *