lebong  

Sambut Natal dan Tahun Baru, Kapolres Lebong: Tingkatkan Keamanan dan Berikan Rasa Nyaman!

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Sebanyak 120 Personil yang terdiri anggota TNI/Polri dan Senkom, Banser NU dan Pemuda Muhamadyah dikerahkan dalam Operasi Lilin Nala 2019 yang dipusatkan di tiga tik wilayah Kabupaten Lebong yakni Lebong Atas dan Lebong Utara serta Lebong selatan. Dengan giat pengamanan ibadah malam Natal hingga Tahun Baru 2020 di Gereja dan Rumah Ibadah Umat Nasrani dan Katolik dalam wilayah Kabupaten Lebong.

This image has an empty alt attribute; its file name is Natal-2.jpg

Tepat Pukul 20.00 WIB, rombongan Kapolres Lebong. AKBP. Ichsan Nur S.IK dan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0409/RL, Mayor Inf. Yon Anison berserta Para Pejabat Utama (PJU) dan jajaran Polres melaksanakan Giat pengamanan dengan titik keberangkatan dimulai dari “Pos Pelayanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Terminal Muara Aman.

Kapolren dan rombongan menuju lokasi Gereja Kristen Injil Indonesia (GKII) dan Gereja Katolik ST . Matius yang lokasinya berhadap-hadapan dan hanya dipisahkan oleh jalan raya. Di kedua gereja ini Kapolres didaulat untuk memberikan sambutan kepada seluruh jemaah yang hadir.

Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan bahwa.

”Rasa aman dalam menjalankan ibadah bagi setiap umat yang beragama sepanjang tidak bertentangan dengan perundangan maka itu wajib kami berikan,” ungkap Kapolres.

Dan hal itu dibalas oleh setiap Pimpinan Gereja atas Nama Umat Nasrani dan Katolik dengan ucapan terima kasih kepada jajaran TNI dan Polri khususnya dan masyarakat Lebong lainnya yang turut dan berperan serta menciptakan rasa aman dan damai perayaan Natal dan tahun baru nanti.

Disela-sela kunjungan Kapolres, awak media PortalBengkulu.com berkesempatan mewawancarai beberapa anggota ormas Islam yang ikut berpartisipasi dalam Operasi lilin Nala diantaranya Harlis Saputra dari Perwira Banser Pengurus Cabang Kabupaten Lebong, warga Desa Lemeu ini.

Kepada media, Harlis mengungkapkan.

”Partisipasi Banser dalam kegiatan Lilin Nala Ini adalah wujud toleransi beragama dan saling menghargai sesama Warga Negara Indonesia,” katanya.

Sementara setelah usai melakukan kunjungan dan memantau kondisi di beberapa titik Gereja yang ada di Kota Muara Aman, Kapolres kembali menyampaikan.

”Giat pengamanan Operasi Lilin Nala Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 untuk menciptakan suasana aman bagi umat Nasrani dan Katolik dalam melaksanakan misa malam Natal dan misa Natal. Perayaan Natal 2019 dan Tahun 2020 beriringan dengan liburan sekolah dan libur akhir tahun,” paparnya.

Lebih lanjut Kapolres menerangkan.

“Seperti kita lihat di Lebong sangat banyak destinasi wisata yang sudah bisa dideteksi akan ramai pengunjung. Untuk itu kami pihak Polres betul-betul melaksanakan Operasi Pengamanan Lilin Nala sesuai dengan SOP yang ada. Kita gunakan miroring untuk memeriksa setiap kendaraan dan metal detektor untuk memeriksa para pengunjung. Sehingga tercipta rasa aman,” tandasnya.

Polres Lebong sendiri melakukan PAM Ops Lilin sesuai standar internasional untuk mengantisipasi serangan gangguan tingkat tinggi baik teroris dan simpatisannya serta kelompok radikal dengan menggunakan cermin miroring untuk mensetirilkan kendaraan luar dalam, metal detektor untuk menseterilkan orang dan barang bawaannya dari semua barang yang bahaya seperti bom, senpi atau sajam.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *