lebong  

Resahkan Warga, Bupati Lebong Perintahkan Jajarannya Evakuasi ODGJ

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Keresahan Warga Desa Talang Liak, Kecamatan Bingin Kuning dan sekitarnya yang sempat viral di media sosial Facebook terkait isu penculikan anak yang dilakukan oknum dengan modus orang gila, langsung direspon oleh Bupati Lebong, H Rosjhonsyah S.IP, M.Si. Bupati meminta Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas PMDSos serta Satpol PP untuk segera menangani dan mengevakuasi Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ).

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah Bupati-Lebong.jpg

Berawal isu penculikkan anak dengan modus ODGJ, diinfokan oleh para awak media di group mitra Polres Lebong. Selanjutanya, Kapolres Lebong AKBP. Ichsan Nur S.IK memerintahkan jajarannya untuk menindak lanjuti dan lansung mengamankan dua orang ODGJ masing masing di gardu pemandangan PLTA Tes atas nama Lisnawati (26) yang mengaku warga asal Lampung yang terlantar tanpa keluarga di Lebong.

Satu orang lain yakni, Deksander (25). warga Desa Karang Dapo Bawah, Kecamatan Bingin Kuning yang akhir-akhir ini sering membuat keresahan di lingkungan warga.

Pada Rabu (22/1), Kapolres didampingi Asisten I Setdakab Lebong, Jafri S.Sos, Kepala Dinkes, Rachman SKM, M.Si dan Kepal Dinas PMDSos Lebong yang diwakili Kabid Sosial, Yasir Hadibroto SE beserta pasukan Satpol PP yang dipimpin Kabid Tibum, Andrean, Camat Bingin Kuning Ir Eva Gustiantina, Kapolsek Lebong Selatan, AKP. L Naibaho turun ke lapangan untuk mengamankan ODGJ.

Setelah melakukan koordinasi akhirnya. kedua ODGJ sesuai instruksi Bupati dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Bengkulu dengan dikawal oleh anggota Polsek Lebong Selatan dan Satpol PP.

”Bupati Lebong meminta kami untuk senantiasa memantau dan mengikuti sekaligus mengatasi segala sesuatu keresahan yang ada pada masyarakat Lebong terkait dengan masalah kesehatan. Ini bukan yang pertama kali kita mengevakuasi pasien ODGJ ke RSJKO Bengkulu. Tercatat pasien ODGJ yang ditangani dan dalam pemantauan dinas sebanyak 29 orang,” ungkap Rachman, Kepala Dinkes.

Namun untuk ODGJ atas nama Lisnawati, warga Lampung ini tidak terpantau karena bukan warga Lebong. Akan tetapi Bupati minta agar yang bersangkutan tetap dilayani karena menyangkut kemanusiaan.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *