lebong  

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Rojhonsyah: Kita Bangun Gedung PSC Call 119

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Kesehatan Lebong, saat ini sedang mempersiapkan sebuah inovasi layanan baru dalam rangka memaksimalkan pememberian layanan kesehatan yang prima untuk masyarakat Lebong. Inovasi tersebut adalah dengan menyediakan layanan darurat secara terpusat yaitu dengan membangun gedung Public Safety Center Call 119 (PSC). Ketersediaan layanan PSC ini sendiri merupakan amanah dan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2013, di mana seluruh kabupaten/kota di Indonesia harus membentuk PSC.

“Tahun ini kita akan bangun gedung PSC 119 yang fungsinya sebagai pusat koordinasi layanan kegawatdaruratan bagi masyarakat Lebong,” ungkap Bupati, Rosjhonsyah, melalui Kepala Dinas Kesehatan Rachman kepada awak media.

Pembangunan gedung PSC, ungkap Rachman, menggunakan anggaran sekitar delapan ratusan juta, dengan sumber anggaran DAK Kesehatan dari APBN Tahun 2020. Selain pembangunan gedung, untuk menunjang pelayanan kesehatan secara terpusat ini, juga akan dilengkapi sejumlah peralatan penunjang. Diantaranya
kendaraan operasional dan alat komunikasi.

“Pada intinya PSC 119 ini dibangun bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik, khususnya kesiapsiagaan terkait dal hal darurat, jelas rachman

layanan PSC 119, lanjut Rachman, merupakan implementasi pogram pemerintah mengacu pada agenda kelima Nawa Cita Presiden Jokowi yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Dimana oleh Kementerian Kesehatan juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat. Salah satu caranya adalah melalui Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

“Nantinya jika ada gedung PSC 119 melalui Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Bukan hanya Dinkes saja, tetapi akan melibatkan instansi lainnya,” demikian Kepala Dinas Kesehatan, Rachman, SKM, M.Si.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *