Cegah Covid-19, Pemdes Pungguk Pedaro Semprot Fasum dengan Disinfektan

0
525

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Pemerintahan Desa (Pemdes) Pungguk Pedaro, Kecamatan Bingin Kuning dengan melibatkan warga dan TNI/Polri serta lansung diikuti oleh Camat Bingin Kuning, Ir Eva Gustiantina, melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa tempat fasilitas umum (Fasum) sebagai upaya mempersempit ruang, sekaligus pencegahan virus corona atau Covid-19. Kegiatan dilakukan pada Kamis dan Jumat (10/4). Penyemprotan lakukan seperti di masjid, lingkungan sekolah seperti lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan lain-lain.

Kepala Desa Pungguk Pedaro, Suardi Thabrani didampingi oleh Babinsa Desa Sabandi kepada awak media ini mengatakan, penyemprotan ini dilakukan untuk mencegah sekaligus penanggulangan wabah virus Corona.

Pihaknya menyemprotkan disinfektan di beberapa tempat seperti fasilitas umum dan rumah ibadah. Selain penyemprotan, juga mengimbau agar warga mengurangi aktivitas di luar rumah dan menghindari kegiatan kegiatan yang menghimpun massa.

“Apabila keluar rumah gunakan masker, serta tingkatkan stamina tubuh dengan mengonsumsi multivitamin dan sayuran,” imbaunya.

Suardi Thabrani juga mengatakan, pentingnya menjaga stamina tubuh dan jaga pola hidup yang sehat. Pasalnya Covid-19 ini jika menyerang manusia tersebut dalam jangka tiga hari sampai empat hari pun belum kelihatan gejalanya, maka sangat penting salah satunya cuci tangan setiap waktu.

Menurut dia orang yang terjangkit belum tentu memperlihatkan tanda-tanda dalam waktu itu. Namun masyarakat harus lebih waspada dan jangan panik, jangan menyentuh orang yang positif dan saat ini mari isolasi diri, juga bisa melewati udara.

“Yang terpenting mari ikuti anjuran pemerintah,” sarannya.

Sementara itu, Camat Bingin Kuning, Ir Eva Gustiantina mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah terjadinya wabah pandemi Covid-19 yang saat ini menjadi bencana internasional, juga bagaimana agar masyarakat membiasakan hidup sehat.

Warga juga diminta tanggap untuk segera melaporkan warganya yang terindikasi Covid-19 atau pulang dari luar kota, kepada Satgas Covid yang ada disetiap desa satau Pukesmas agar segera ditangani.

“Kami lakukan penyemprotan disinfektan di lingkup desa dan tempat umum. Serta kami lakukan sosialisasi berkeliling, dan kegiatan ini kami lakukan secara sukarela agar desa tetap aman,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here