Cegah Covid-19, Bupati Lebong Tekankan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

0
456

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Masih banyaknya masyarakat di Kabupaten Lebong yang belum mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 (Corona Virus Disease) ini menjadi perhatian serius Bupati Lebong, H Rosjhonsyah, S.IP, M.Si.

Orang nomor satu di Kabupaten Lebong tersebut meminta peran maksimal Tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan sosialisasi. Selain itu, Bupati juga menegaskan, agar protokol kesehatan itu semakin dipatuhi oleh masyarakat. Pejabat atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Lebong mesti lebih dulu menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan hanya menyuruh sementara pejabat itu sendiri yang melanggar, dengan kata lain pejabat harus beri contoh yang baik,” kata Rosjhonsyah.

Dia mengakui, beberapa pejabat di lingkup Pemkab Lebong masih kerap terlihat mengabaikan social distancing (menghindari kerumunan) dan physical distancing (menjaga jarak). Bahkan, masih ada pejabat yang melaksanakan kegiatan yang melibatkan banyak orang dan hal tersebut berseberangan dengan protokol kesehatan. Ia juga meminta agar Inspektorat ikut serta mengawasi.

”Jika ada pejabat maupun PNS yang melanggar protokol kesehatan, apalagi sampai memberikan contoh buruk bagi masyarakat, laporkan saja. Coba bayangkan kita yang jadi masyarakat, diperintahkan begini begitu, sementara pejabatnya sendiri yang melanggar, apa perasaan kita,” tandas imbuhnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, Rachman, SKM M.Si mengatakan, pihaknya sudah menyosialisasikan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19. Baik mengenakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan serta menerapkan pola hidup sehat.

“Protokol kesehatan ini kita sampaikan kepada seluruh OPD. Sosialisasi kepada masyarakat juga terus kita lakukan,” ujar Rachman.

Seperti diketahui sebelumnya, Rabu (13/5/2020) beberapa pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab Lebong menggelar kegiatan offroad yang melibatkan sekitar 30an peserta di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan. Disinyalir, beberapa ASN itu bolos kerja karena kegiatan digelar di luar jadwal libur PNS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here