lebong  

Dinkes Lebong Dukung Persiapan Puskesmas Ketenong Jadi Puskesmas Perawatan

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Kecamatan Pinang Belapis adalah salah satu kecamatan diantara 12 kecamatan yang ada di dalam wilayah Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Secara geografis, Kecamatan Pinang Belapis membentang dari arah selatan membujur ke arah utara wilayah Kabupaten Lebong. Dimana wilayah kecamatan ini sangat terkenel dengan daerah sentra pertambanagan mineral berupa emas dan batu bara. Untuk tambang batu bara beberapa waktu terakhir sementara tidak terlihat aktivitasnya. Sedangkan untuk tambang emas geliatnya masih terlihat walau tidak seperti biasanya.

Desa Ketenong adalah salah satu dari beberapa desa yang sangat dikenal diantara sejumlah desa yang ada di dalam wilayah Kecamatan Pinang Belapis. Di desa ini terdapat sumber air yang melimpah dengan bentangan sawah sebagai lahan pertanian dan sumber penghasilan warga membentang nyaris sejauh mata memandang .

Di desa ini terdapat berbagai fasilitas umum seperti lembaga pendidikan yang terdiri dari SD, SMP baik swasta maupun negeri terdapat juga lembaga lain yaitu TNI/Polri, Polsub Sektor dan Koramil.

Sementara fasilitas kesehatan, sepertinya Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Kesehatan dan jajarannya tidak main-main dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Hal mana berdasarkan hasil pantauan awak media  terlihat  dari informasi beberapa orang warga bahwa sepak terjang seorang tenaga paramedis  kesehatan yang sudah cukup berusia disebut Haji Kusrin.

Mendapat informasi sosok Haji Kusrin, awak media ini yang langsung dikomandoi oleh Kepala Biro Lebong, Rudhy Muhamad Fadhel dan beberapa orang Calon Wartawan, Davit Jawai Tiluk Lucuk berkesempatan untuk melakukan perjalanan ke wilayah Kecamatan Pinang Belapis dan diberikan oleh tuhan yang maha kuasa untuk dapat bertemu sekaligus mewawancarai sang paramedis yang dikenal baik hati dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat seantero Pinang Belapis.  Dan akhirnya bertemu dengan sosok Haji Kusrin yang sedang melakukan pelayanan kepada masyarakat dari rumah ke rumah.

Diwawancarai awak media, Haji Kusrin menyampaikan beberapa persoalan terkait upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kecamatan Pinang Belapis.

”Pertama dan paling utama kendala kami disini adalah terkait masalah Sistem Rujukan (Sisrut). Saat kami harus memberikan pelayanan rujukan terhadap pasien kami hari mendaftar terlebih dahulu ke rumah sakit rujukan secara online. Permasalahannya seperti yang bapak ketahui bahwa di wilayah kami ini signal internet masih menjadi masalah yang sangat serius. Sehingga apabila kami harus memberikan pelayanan rujukan terpaksa kami harus melabrak ketentuan sistem yang sudah ditetapkan terkait masalah rujukan. Tidak jarang sering terjadi miscomunikasi antara petugas saya dengan pihak rumah sakit atau puskesmas perawatan. Dimana sebagai tujuan rujukan karena kami tidak bisa memberikan informasi terkait rujukan yang kami lakukan terlebih dahulu kepada mereka. Akan tetapi karena keselamatan pasien harus kami utamakan maka hal tersebut saya pesankan kepada petugas saya untuk tidak perlu disikapi secara negatif. Kita harus mengutamakan kepentingan pasien, itu yang saya tekankan,” ujar Haji Kusrin.

Terpisah Kepala Dinkes, Rachman, SKM, M.Si dikomfirmasi melalui pesan seluler menyampaikan.

”Terkait layanan kesehatan di Ketenong, memang sangat kami perhatikan. Semua kendala yang ada muda-mudahan dalam waktu dekat ini akan segera kita dipenuhi, diantaranya pembangunan  rumah dinas dan kelengkapan lainnya yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan juga tahun ini akan kita lengkapi. Pada prinsipnya kita sangat mendukung upaya semua pihak dalam memberikan upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Apapun bentuknya sepanjang tidak melanggar regulasi yang ada,” demikian Rachman.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *