lebong  

Kepala Dinas Dikbud Lebong Bakal Beri Bantuan Penderita Diabetes Tipe 1

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah. Penyakit ini lebih umum menyerang orang tua, tapi anak-anak sebenarnya juga dapat mengalaminya. Diabetes melitus yang umum terjadi pada anak adalah diabetes tipe 1, meski ada pula anak-anak dan remaja yang mengalami diabetes tipe 2. Salah satu perbedaan diabetes 1 dan 2 terdapat pada proses kemunculan gejalanya.

Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan sebutan diabetes juvenile karena lebih sering menyerang anak-anak. Namun sebenarnya, penyakit ini juga bisa dialami oleh orang dewasa ataupun bayi.Diabetes tipe 1 merupakan penyakit autoimun yang mengakibatkan rusaknya sel beta penghasil insulin. Akibatnya, tubuh kekurangan atau tidak memiliki hormon insulin sama sekali.

Menurut para ahli Centres For Desease Control (CDC), mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan hingga tahunan untuk menghancurnya sel-sel penghasil insulin dalam pankreas hingga gejala diabetes tipe 1 akhirnya muncul. Namun, tidak seperti tipe 2 yang umumnya tidak menunjukkan keluhan tertentu, gejala diabetes tipe 1 cukup kentara dan cenderung berkembang dalam waktu singkat.

Adalah Dioba De Gerotna, anak dan buah hati dari pasangan Arie dan Ani, warga Desa Kota Donok yang baru berusia 8 tahun dan masih sekolah di bangku SD yang dibesarkan dari lingkungan orang tua yang tidak mampu. Dimana berdasarkan hasil pemeriksaan dan dianogsa dr. Melita SPa dan dr. Bagus, dokter dari RSUD Ujung Tanjung Lebong dan Puskesmas Kota Donok bahwa yang bersangkutan diketahui menderita Diabetes Melitus Tipe 1.

Hal mana saat dilakukan penjaringan kesehatan anak sekolah dan pemeriksaan berkala kesehatan peserta didik dalam wilayah Kerja puskesmas Kota Donok yang bersangkutan juga sempat dirawat inapkan diruang HCU di RSUD Ujung Tanjung Lebong .

Berdasarkan hasil pantauan awak media ini dengan didampingi oleh Pjs kades Kota Donok, Ety izriati pada Selasa 8 September 2020 saat bersama dengan dr. Bagus dan tim berikut Kepala Puskesmas Kota Donok, Zulkipli SKM melakukan pemeriksaan dan pemberian insulin serta bantuan lainnya seperti gula dan susu low calori.

Terlihat dan terpantau bahwa keluarga Dioba De Gerotna dengan ayah dan ibunya s’at ini menumpang di rumah kakeknya. Hal ini menurut Arie, karena situasi dan keadaan anaknya yang sedang sakit. Akan tetapi Ari menunjukkan dan memberitahukan kepada awak media ini lokasi dan keadaan rumah kediaman mereka yang berlokasi tidak jauh dari rumah kakeknya yaitu di bawah jurang kiri jalan lintas Muara Aman-Curup yang sewaktu waktu jika terjadi longsor pada badan jalan maka rumah mereka akan terkubur oleh material lonsor.

Terpisah, usai menerima dan menyalurkan wastafel portable bantuan dari PGE Hululais, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebong, H Guntur saat disampaikan perihal keadaan dan kondisi Dioba De Gerotna menderita diabetes menyatakan akan segera menyikapi hal tersebut dan akan segera memberikan bantuan.

“Saya akan sampaikan kepada semua pegawai Dikbud Lebong perihal ini. Mungkin kami secara bersama sama akan memberikan bantuan,” ujar Guntur.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *