lebong  

Kades Tik Jeniak, Ustad Sugino Pimpin Penyaluran BLT-DD Tahan 5

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Pada Rabu 4 November 2020, bertempat di Balai Desa Tik Jeniak, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, jajaran Pemerintah Desa dengan mengundang dan dihadiri oleh unsur Tripika yakni Danramil 408-02 L/S serta Kapolsek Lebong Selatan dalam hal tersebut diwakili oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta Para PD dan PLD dari P3MD Kabupaten Lebong menggelar penyaluran Bantuan Lansung Tunai (BLT) dengan sumber anggaran Dana Desa (DD) tahun 2020 sebagaimana berkembang di tengah masyarakat dengan sebutan BLT-DD.

Diwawancarai awak media ini Kepala Desa Tik Jeniak, Ust Sugino, S.Pd.I menyampaikan bahwa dari total 300 kepala keluarga warga desa, terdapat 8 kepala keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan 29 kepala keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta 22 kepala keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) berikut sedang dalam proses usulan terdapat 36 kepala keluarga untuk menerima Bantuan Pangan dari Pemerintah Daerah kabupaten Lebong.

”Jika di persentasekan maka akan muncul kurang lebih di angka 70% warga Desa Tik Jeniak nantinya sudah tercover bantuan dampak dari Pandemi Covid-19. Sementara sisannya adalah warga yang berprofesi sebagai ASN, pegawai perusahaan BUMN/BUMD dan swasta lainnya serta perangkat desa dan keluarga yang secara ekonomi berada di atas rata-rata,” ungkapnya.

Dalam Pantauan awak media terdapat seorang ibu yang penderita disabilitas (lumpuh) yang terpaksa harus digendong datang ke lokasi pendistribusian dan banyak mencuri perhatian dari berbagai pihak yang hadir saat itu.

“Sungguh perasaan saya sangat tersentuh ungkap seorang warga yang menyaksikan proses penyerahan bantuan lansung tunai oleh kepala desa tik jeniak Sugino Spdi kepada ibu tersebut. ”Mereka yang menerima tersebut memang sangat layak untuk dibantu, Dan seperti yang kita lihat mereka adalah para orang tuan yang sudah berusia lanjut (lansia) yang ada didesa ini,” jelasnya .

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMD-Sos), Reko Haryanto S.Sos M.Si melalui Kepala Bidang Sosial, Yasir Hadibroto, SE mengapresiasi langkah cepat pemdes dalam penyaluran BLT-DD tersebut.

“Kita (PMDSos, red) sangat apresiasi atas kinerja Kepala desa Tik Jeniak, Sugino dan jajaran pemerintah desanya terkhusus dalam menyalurkan BLT-DD. Seperti kita ketahui bersama dalam bentuk apapun bantuan saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Semoga bantuan yang tersalurkan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penerima,” pungkas Yasir Hadibroto SE.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *