KPU Lebong Gelar Simulasi Putungsura

0
25

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Semakin dekatnya hari Pemungutan dan Penghitungan Suara (Putungsura) pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, KPU Lebong terus mematangkan persiapan teknis. Salah satunya dengan menggelar simulasi Putungsura pada 21 November 2020 di lapangan SD Kelurahan Tanjung Agung, Pelabai, Kabupaten Lebong.

“Lebong menjadi salah satu kabupaten yang menggelar simulasi Putungsura nasional serentak tersebut. Simulasi ini hanya diikuti 160 daerah dari 270 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2020,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lebong, Yoki Setiawan, S.Sos.

Yoki menyampaikan, simulasi sangat penting digelar untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Putungsura di tengah pandemi covid 19. Sebab Putungsura mendatang menerapkan protokol kesehatan ketat baik oleh KPPS, saksi, pengawas TPS dan pemilih.

“Simulasi ini guna memastikan bahwa pemilih jangan ragu dan khawatir datang ke TPS pada 9 Desember mendatang. Semua pelaksanaan di TPS menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penyebaran corona,” imbuh Yoki.

Yoki menambahkan simulasi tersebut juga dalam rangka uji coba aplikasi Sirekap yang menjadi alat bantu bagi jajaran KPU untuk mempermudah publikasi dan rekapitulasi.

“Saat ini tengah harmonisasi PKPU pemungutan suara dan PKPU rekapitulasi. Simulasi juga akan melibatkan pemilih yang terdaftar sebagai pemilih tetap pada TPS 2 Tanjung Agung. Kami mengundang pihak Pemda, Polres, Kejari, PPK dan rekan rekan media untuk menyaksikan simulasi,” pungkasnya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here