lebong  

Pondasi Jembatan Air Pauh Terancam Gerusan Air, Petani Minta Bangun Bronjong dan Irigasi!

PEWARTA : HERI SAHPUTRA
PORTAL LEBONG – Pondasi jembatan penghubung Desa Mangkurajo dan Persawahan Mangkurajo terancam amblas akibat adanya gerusan aliran Sungai Air Pauh bagian sisi hulu jembatan. Jembatan tersebut sangat vital lantaran petani yang memanfaatkan aksesnya sangat lah banyak. Ditambah lagi luasan lahan persawahan mencapai ratusan hektare. Dan petani akan mulai melakukan pengolahan secara merata.

Digarapnya lahan persawahan Mangkurajo secara merata pada musim tanam tahun ini adalah dampak dari telah selesai dibangunnya jalan utama dari dan menuju persawahan Mangkurajo yang selama ini rusak berat. Sehingga sebelumnya bertahun-tahun lahan persawahan yang berjumlah ratusan hetare ini tidak digarap oleh para pemiliknya. Dalam pantauan awak media ini tampak tanah pondasi penyangga pada pangkal badan jembatan longsor digerus derasnya aliran Sungai Air Pauh.

Dikonfirmasi oleh awak media ini Kepala Dinas PUPR-Hub Lebong, Joni Prawinata, SE, MM melalui Kabid SDA, Amrul menyampaikan bahwa untuk Jembatan Air Pauh yang berlokasi di Persawahan Mangkurajo seyogyanya mesti diberi bronjong pada kiri dan kanan alur sungai agar pondasi jembatan tidak tergerus air. Apalagi dikiri kanan sungai merupakan lahan persawahan yang rentan sekali oleh gerusan air.

”Pemasangan beronjong pada kiri dan kanan terutama sebelah hulu jembatan sangat diperlukan. Kita akan komunikasikan hal tersebut kepihak pihak terkait di jajaran pemerintah daerah terutama pihak legislatif terkait anggaran,” ujar Amrul.

Terpisah, Iin S warga Desa Mangkurajo menyampaikan harapan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong khususnya kepada Bupati terpilih nantinya dapat meneruskan pembangunan irigasi yang pernah ada di persawahan Mangkurajo ini.

”Tidaklah sulit bagi bupati kita yang baru nanti untuk membangun bronjong dan melanjutkan pembangunan irigasi yang sudah pernah dibangun disini namun tidak terselesaikan. Apalagi kita bersama ketahui bapak bupati kita terpilih (Kopli Ansori) yang juga adalah saudara kandung bapak ketua DPRD (Carles Ronzen) adalah berasal dari keluarga petani yang pastinya sangat memahami apa-apa yang kami butuhkan,” tutupnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *