Dukung Visi Misi Bupati, Disparpora Lebong Siapkan Program Peningkatan SDM Ekonomi Kreatif

0
289

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Dalam upaya penyelarasan dan penyesuaian program kerja Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kabupaten Lebong dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia sejahtera, dimana diantaranya yaitu dengan menciptakan 3.000 wirausaha baru.

Mendukung dan mewujudkan hal itu, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong kedepan akan melaksanakan upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar. Pelatihan SDM kepariwisataan bagi masyarakat guru/pelajar (Mahasiswa/Pelajar) dan masyarakat kelompok sadar wisata.

Diwawancarai awak media ini, Ir Eddy Ramlan M.Si selaku Kepala Disparpora menayampaikan bahwa Berdasarkan Berita Acara Kesepakatan Hasil Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat daerah kabupaten Lebong Tanggal 08 Maret 2021 Terdapat 4 Paket kegiatan Dan Sebagaimana tertera pada Daftar kegiatan Lintas Perangkat Daerah dan Lintas perangkat Daerah Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lebong Tahun 202 diantaranya:

1. Pembinaan dan Pengembangan Olah raga dan Rekreasi Berupa penyediaaan pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana Olahraga rekreasi.
-Lapangan sepak bola
-Renovasi Gedung Olahraga milik Pemerintah daerah.
_Lapangan Bola
Dengan Lokasi Dekat TPU desa Talang liak kecamatan Bingin Kuning , Kelurahan Rimbo pengadang dan Desa Bioa sengok kecamatan Rimbo Pengadang.

2. Pelaksanaan peningkatan kapasitas Sumber daya manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreative Tingkat Dasar – Pelatihan dasar SDM kepariwisataan bagi masyarakat guru dan pelajar (mahasisiwa dan/atau siswa).
– Pelatihan /sosialisasi masyarakat kelompok sadar wisata (POKDARWIS) dengan lokasi Kecamatan Rimbo Pengadang, Kecamatan Lebong Tengah dan Kecamatan Pinang Belapis.

3. Pengelolaan Kawasan Strategis Pariwisata kabupaten/kota,
Pengadaan/pemeliharaan /Rehabilitasi sarana dan prasarana dalam pengelolaan kawasan wisata strategis pariwisata kabupaten kota.
-Pembangunan Track Wisata dari pos penjagaan sampai pos dermaga diwilayah pulau harapan /Danau Tes Lokasi Kecamatan Lebong Selatan .

4. Pemasaran Pariwisata Dalam dan luar Negeri daya tarik Destinasi dan kawasan strategis pariwisata kabupaten/kota.
Penguatan Promosi melalui media cetak Elektronik dan media lainnya baik dalam dan luar negeri,
-Promosi Pariwisata alam Danau Tes lokasi kelurahan Tes kecamatan Lebong selatan MoU dengan BKSDA.

”Diharapkan dengan berjalannya semua kegiatan ini nanti dapat berdampak dan menimbulkan efek domino terciptanya para wirausahawan baru dengan adanya perputaran ekonomi dari setiap kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan kepariwisataan terutama ekonomi kreatif. Entrepreneurship was important in preparing the human resources face the business practice. Kewirausahaan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia menghadapi bisnis/praktek,” tutup Eddy Ramlan yang akrab disapa Mang Eddy ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here