Teluk Nusai Kembali Diterjang Banjir, Lahan Persawahan Terdampak Material Kian Meluas

0
259

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Puluhan hektar lahan persawahan yang berlokasi di Teluk Nusai Desa Kutai Donok Kecamatan Lebong Selatan kembali dilanda banjir bandang. Hal ini terjadi pada Selasa 11 Mei 2021 lalu. Dimana pasca banjir bandang yang terjadi pertama kalinya yaitu pada tanggal 21 April 2021 lalu menyebabkan hancurnya bendungan dan irigasi yang ada di lokasi Teluk Nusai serta puluhan hektar lahan persawahan warga yang siap panen tertimbun material pasir dan bebatuan.

Atas kepedulian yang tinggi dari Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wakilnya Drs. Fahrurrozi M.Pd, permasalahan dan musibah yang dialami oleh warga setempat tidak butuh waktu lama lantaran pasangan kepala daerah yang baru beberapa bulan memimpin Kabupaten Lebong ini dengan sigap turun langsung ke lokasi melihat dan mengatasi persoalan yang ada. Bahkan Bupati Kopli Ansori memberikan ganti untung kepada pemilik dan pengelola lahan sawah terdampak atas kerugian yang mereka alami.

“Dari setiap lahan sawah yang terdampak kita hitung jumlah hasil padi yang biasa mereka panen dan kita ganti dengan sejumlah uang tunai di atas harga pasar saat ini,” sebut Kopli Ansori saat dialog dengan masyarakat usai meninjau Teluk Nusai beberapa waktu lalu.

Dan dari informasi yang beredar di tengah masyarakat Desa Kota Donok, semua pemilik dan pengelola sawah yang terdampak banjir sudah menerima ganti untung dimaksud melalui lembaga keuangan yang ada di Kelurahan Tes, Kecamatan Lebong Selatan.

Akan tetapi belum usai dan dilakukan normalisasi atas kerusakan lahan yang ditimbulkan tersebut, pada Minggu lalu tepatnya Selasa tanggal 11 Mei 2021 dari sumber air yang sama lahan persawahan warga di Teluk Nusai kembali dilanda banjir bandang dengan dampak yang ditimbulkan meningginya tumpukan material pasir dan bebatuan serta meluasnya area lahan yang terdampak dan menyebabkan kerusakan.

Hal ini sebagaimana di sampaikan oleh Pjs Kepala Desa Kutai Donok, Saipudin Zikri dengan didampingi anggota BPD dan Linmas desa setempat, Rahman Lestari bersama Aswandi.

“Benar telah terjadi banjir bandang susulan pasca banjir bandang Rabu malam tanggal 21 April 2021 lalu, yaitu terjadi pada hari Selasa, 11 Mei 2021 beberapa hari lalu. Mengingat kesibukan mendekati Hari Raya Idul Fitri 1442 H maka hal tersebut belum kami laporkan dan hari ini saya selaku Pjs Kepala Desa Kutai Donok akan segera membuat dan memberikan laporan kepada Bupati dan OPD terkait dengan harapan untuk segera mendapatkan penanganan baik itu normalisasi lahan dan perbaikan bendungan serta irigasi. Sehingga lahan tersebut dapat kembali dikelola dan dimanfaatkan untuk pertanian,” ucap Saipudin Zikri.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Lebong Selatan, Fendi SE.

”Saya sudah mendengar informasi terjadinya banjir bandang susulan di Teluk Nusai yakni lokasi yang dikunjungi Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kopli Ansori-Fahrurrozi pasca terjadi yang pertama Rabu 21 April 2021 lalu. Dan saya masih menunggu laporan tertulis dari Pejabat Kepala Desa Kutai Donok untuk meneruskan laporan tersebut kepada Bupati dan OPD terkait,” sebut Fendi SE.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here