Dinas PMDSos Lebong Gelar Bimtek Kepada Panitia Pilkades

0
451

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Bertempat di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Sosial (PMD-Sos) Kabupaten Lebong Jumat 29/10/2021, pemerintah daerah melalui Dinas PMDSos melaksanakan bimbingan tehnis terhadap sejumlah panitia pemilihan kepala desa dari 15 desa yang dijadwalkan untuk menggelar pemilihan kepala desa Desember 2021 mendatang.

Materi bimbingan tehnis langsung disampaikan Kepala Dinas PMDSos, Hartoni dengan didampingi Kepala Bidang PMD, Heru Dana bersama Staf dimulai sejak pagi hingga sore dan sempat diskor pada siang harinya untuk istirahat Shalat Jum’at dan Makan siang itu berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Terpantau hadir mengikuti Bimtek Camat dari kecamatan desa peserta Pilkades diantaranya Camat Lebong Selatan Fendi SE dan Camat Lebong Tengah, Gusmawati SH, MH berserta Camat lainnya.

Hartoni kepada awak media PortalBengkulu.com melalui Kepala Bidang PMD Heru Dana menyebutkan bimbingan teknis bagi panitia pemilihan kepala desa dilakukan untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi segenap panitia di tingkat desa dalam pemilihan kepala desa di desa mereka masing-masing.

“Tugas dan fungsi tersebut merupakan turunan dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang dirumuskan menjadi sebuah buku panduan atau petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis ( juklak-juknis) bagi para panitia dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sehingga para panitia tingkat desa tidak perlu repot lagi membuka dan mencari rujukan dasar secara Yuridis Formal apakah itu Permendagari dan Perbup dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka dalam melaksanakan pemilihan kepala desa,” kata Heru Dana.

“Kita berharap nantinya seluruh panitia dapat betul-betul memahami tugas pokok fungsinya sehingga prosesi pemilihan kepala desa tahun ini dapat berjalan Lancar dan dengan itu nantinya roda pemerintahan disetiap desa dapat berjalan dengan baik untuk mengantar masyarakat Lebong menuju bahagia dan sejahtera,” tutup Heru.

Dalam pantauan awak media portalBengkulu.com, para peserta terlihat begitu antusias dan bersemangat mengikuti bimbingan tehnis dimaksud. Hal mana terlihat dari begitu banyaknya para peserta mengajukan pertanyaan terkait berbagai materi yang disampaikan oleh pemateri .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here