lebong  

Wakil Bupati Mukomuko, Wasri Ikuti Grand Launching Buku Strategic Foresight BPK Secara Virtual

PORTAL MUKOMUKO – Pada Kamis (21/10/2021), Wakil Bupati Mukomuko, Wasri mengikuti acara Grand Launching Buku Pendapat ( Strategic Foresight) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) melalui virtual zoom, di ruang media center Bapelitbang Kabupaten Mukomuko.

Dalam kegiatan itu, Ketua BPK RI Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA, CFrA, CGCAE, QGIA secara resmi memipin launching Buku Pendapat ( strategic Forensight) BPK dengan judul ”Membangun Kembali Indonesia dari Covid-19”. Skenario, peluang dan tantangan pemerintah yang tangguh ditandai dengan penekanan tombol secara virtual.

“Foresight BPK dilakukan dalam menghadapi ketidakpastian dengan cara menyusun kajian perspektif jangka panjang mengenai berbagai kondisi, peluang, tantangan dan risiko yang mungkin terjadi di masa dan pasca pandemi covid-19,” kata Agung Firman.

Foresight BPK sendiri disusun dengan metode scenario planning, menggunakan data hasil pemeriksaan BPK dan data trend, bekerjasama dengan para ahli-ahli serta melibatkan pimpinan dan kepala daerah.

Menurutnya, ada 4 kemungkinan skenario tahun 2021-2026 yaitu berlayar Menaklukkan Samudra yang merupakan skenario terbaik, dimana respon pemerintah terhadap krisis menjadi lebih efektif dan tingkat keparahan pandemi mereda. Mengarung di Tengah Badai, dimana masyarakat beradaptasi dengan kehidupan sosial baru, Tercerai-berai Terhempas Lautan merupakan skenario terburuk dengan respon pemerintah kurang efektif. Kandas Telantar Surutnya Pantai ditandai dengan meredanya pandemi namun respon pemerintah terhadap krisis kurang efektif.

Dari 4 skenario tersebut terdapat 5 tema yang perlu mendapat perhatian pemerintah karena ini akan turut membantu keberhasilan pemerintah dalam mengatasi pandemi dan krisis global di kemudian hari yaitu reformasi kesehatan, reformasi pajak dan keseimbangan fiskal, Visi dan kepemimpinan pemerintah, transformasi digital, tata kelola data dan kualitas sumber daya manusia.

”Harapan atas foresight yaitu skenario yang disajikan dalam foresight BPK ini bukanlah prediksi tentang masa depan tetapi sarana untuk melihat kembali berbagai asumsi tentang masa depan, masyarakat dan para pengambil keputusan dapat memantau indikator atau signpost yang berguna untuk mengidentifikasi skenario yang sedang terjadi melalui website strategic foresight BPK, serta menginspirasi pemerintah pusat dan daerah untuk mulai menerapkan strategic foresight,” pungkas Agung Firman.
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *