Belajar Tatap Muka, Kopli Ansori: Seluruh Siswa Wajib Vaksin!

0
247

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Satuan Tugas Covid 19 yang diketuai langsung Bupati Lebong Kopli Ansori pada Rabu (23/02/2022) bertempat di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Lebong saat memimpin rapat kordinasi percepatan pelaksanaan vaksinasi menginstruksikan kepada jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lebong untuk mewajibkan para peserta didik usia 6 tahun dan seterusnya untuk melakukan dan dilakukan vaksin. Hal ini berlaku bagi peserta didik yang akan dan ingin mengikuti proses belajar langsung tatap muka.

“Saya instruksikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar mengikut sertakan siswa dengan umur 6 tahun keatas untuk melakukan dan dilakukan Vaksinasi Covid19. Sementara bagi anak didik/peserta didik yang tidak melakukan dan dilakukan vaksin tampa alasan dan keterangan dari petugas kesehatan yang berhak mendapatkan pengecualian sesuai ketentuan maka mereka diminta untuk mengikuti proses belajar secara daring,” kata Kopli.

”Hal ini kita putuskan dengan mempertimbangkan berbagai ketentuan diantaranya Undang-undang kesehatan nomor 36 tahun 2009 dimana menyebutkan bahwa kesehatan adalah bagian dari hak azazi manusia dan selanjutnya bahwa setiap kegiatan dalam upaya untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan dilaksanakan dengan prinsip non discriminatif, partisifatif dan berkelanjutan dalam rangka pembentukan sumber daya manusia yang memiliki daya saing,” imbuhnya.

”Disamping itu bahwa setiap upaya pembangunan baik itu peningkatan kualitas SDM dalam hal ini sektor pendidikan kita harus memperhatikan situasi dan kondisi kesehatan yang berkembang di masyarakat. Sebagaimana kita ketahui bahwa Pandemi Covid19 hingga hari ini masih belum berakhir walaupun secara lokal kedaerahan kita di Kabupaten Lebong terjadi trend penurunan kasus. Namun sesuai dengan ketentuan dan kebijakkan pemerintah pusat dengan tujuan untuk menjaga dan melindungi kesehatan masyarakat upaya dan pelaksanaan vaksin harus dilakukan untuk pengendalian wabah/pandemi Covid19. Untuk itu, hari ini kita di Kabupaten Lebong sudah berhasil melaksanakan vaksinasi yang secara global sudah mencapai angka 86,3% dari total target. Untuk itu dalam beberapa hari kedepan kami jajaran pemerintah daerah berkordinasi dan bersinergi dengan TNI/Polri akan melakukan upaya secara intensif dengan turun ke desa-desa (Door too Door ) mengajak dan menghimbau masyarakat agar dapat dilakukan/melakukan vaksinasi,” tutup Kopli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here