Demi Wujudkan Masyarakat Bahagia Sejahtera, Pemkab Lebong Gelar Musrenbang

0
300

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan, untuk menuju masyarakat Kabupaten Lebong bahagia dan sejahtera, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab) tahun anggaran 2023 di Ruang Rapat Aula Swarang Patang Stumang Bappeda Lebong, Senin (21/03/2022).

Berikut laporan Plt Kepala Bappeda, Agus Ferdinan yang disampaikan kepada awak media PortalBengkulu.com melalui Plt Kepala Dinas Kominfo-SP, Danial Paripurna saat diwawancarai awak media ini di ruang kerjanya terkait dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh OPD Lebong dan jajarannya beberapa hari ini .

Pada kegiatan Musrenbangkab yang dibuka oleh Bupati Lebong Kopli Ansori tersebut dan dihadapan para tamu undangan yang hadir, Plt Kepala Bappeda Kabupaten Lebong menyebutkan bahwa rangkaian proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lebong tahun 2023 dimulai dari desa/kelurahan sampai pada pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Lebong tahun 2023 ini dengan dasar hukum sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Lebong tahun 2023 didasari oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.
  2. Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
  3. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Tata cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan Rencana pembangunan jangka pendek (RPJPD), Rencanan Pembangunan jangka Menegah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

”Tujuan pelaksanaan Musrenbang adalah untuk mendapat masukan, saran dan pandangan dari berbagai komponen masyarakat dalam rangka penyempurnaan RKPD Kabupaten Lebong Tahun 2023 mendatang dan sebagai wadah silaturahmi, komunikasi dan sinergi seluruh komponen masyarakat Kabupaten Lebong dalam menyatukan langkah demi pencapaian Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Lebong Kopli Ansori-Fahrurrozi menuju masyarakat Lebong yang bahagia dan sejahtera,” jelas Danial Paripurna.

Dipertegas oleh Danial Paripurna bahwa Musrenbang RKPD dengan tema “Meningkatnya Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas Melalui Percepatan Pembangunan Insfrastruktur Dasar, Insfrastruktur Strategis dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.”

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansori dan turut serta hadir Gubernur Bengkulu yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur, Drs. Erlangga M.Si, Wakil Bupati Lebong Drs. Fahrurozi,M.Pd, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, Kepala Dikbud Provinsi Bengkulu, Forkopimda, para Kepala OPD, Kapolres, Kejari, DPRD, Kepala Bappeda, Sekretaris Daerah, Perwakilan Kabupaten tetangga (Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara), Kepala BUMN/BUMD, LSM dan Ormas.

Bupati Lebong Kopli Ansori berharap untuk serius dan berkomitmen membangun Kabupaten Lebong yang bahagia dan sejahtera. Kegiatan Musrenbangkab ini diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada Staf Ahli Gubernur, Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu, pimpinan dan perwakilan tamu undangan dari kabupaten tetangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here