Hadiri Pembukaan Forum OPD, DPRD Lebong Minta Taat Regulasi!

0
312

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong Tahun 2023, Senin (14/03/2022) bertempat di Gedung Aula Swarang Patang Stumang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong dengan melibatkan seluruh kepala OPD dan Camat se Kabupaten Lebong menggelar Forum OPD yang direncanakan akan berlangsung selama tiga hari sejak dari Tanggal 14-15-16/03/2022. Pembukaan Forum OPD secara langsung dihadiri dan secara resmi dibuka oleh Bupati dan Wakil Bupati Lebong Kopli Ansori – Fahrurrozi. Selain itu juga hadir Sekretaris Daerah Lebong H.Mustarani Abidin dan Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen dalam kesempatan ini diwakili oleh Ketua Komisi 3 Rama Candra.

Dalam laporannya Kepala Bappeda yang diwakili Sekretaris Bappeda, Agus Ferdinan menyampaikan bahwa Forum OPD adalah forum musyawarah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan berdasarkan hasil musrenbang tahunan tingkat kecamatan dengan OPD atau gabungan OPD. Selain itu Forum OPD membahas Rencana Kerja (Renja) OPD dengan menggunkana prioritas Program/kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang di kecamatan.

Selanjutnya menurut Agus Ferdinan, Forum OPD adalah salah satu tahapan dalam menyusun RKPD Kabupaten Lebong untuk saat ini adalah tahun 2023.

Sementara itu Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen yang diwakili oleh Rama Candra meminta dan menyampaikan bahwa dalam penyusunan perencanaan pembangunan diminta agar memperhatikan antara lain :
1. Segenap OPD terkait harus mempedomani dan taat regulasi
2. Menyusun program/kegiatan prioritas yang mengacu pada visi dan misi bupati yang sudah di perdakan Hal ini guna mencapai target dan sasaran secara kwantitatif yang terukur dalam rangka pencapaian target kwalitative.
3. Memperhatikan degan sungguh-sungguh aspirasi dan kebutuhan rill yang diusulkan oleh masyarakat baik melalui mekanisme reses maupun melalui OPD teknis terkait.

Sementara Bupati Lebong Kopli Ansori dalam sambutannya menyebutkan dan meminta agar forum dalam pembahasannya melakukan singkronisasi program prioritas dari usulan kecamatan se Kabupaten Lebong dengan rencana kerja perangkat daerah yang telah disusun sebelumnya. RKPD tahun 2023 merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD 2021-2026 dengan Visi “Mewujudkan Kabupaten Lebong Yang Bahagia dan Sejahtera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here