Kodim 0409 RL Gelar Pra TMMD Ke-109 Seblat Ulu-Sungai Lisai

0
88

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Sebagai manispestasi dari tugas pokok komando wilayah adalah melaksanakan pembinaan teritorial guna mewujudkan rasa yang tangguh untuk pertahanan wilayah serta mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat, dimana upaya tersebut adalah dengan salah satunya melaksanakan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan leading sektor lembaga pemerintah. Terutama pemerintah daerah serta komponen masyarakat lainnya yang dilaksanakan secara terintregrasi bersama masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan sasaran fisik dan non fisik.

Dalam Pantauan awak media ini yang sempat melakukan peliputan ke lokasi dimana akan dilaksanankan kegiatan TMMD 109 tahun 2020, Komando Distrik Militer (Kodim) 0409 RL dan jajarannya. Selama kegiatan Pra TMMD ke 109 tahun 2020, yang sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu, jajaran Kodim 0409 RL telah sukses melakukan berbagai persiapan dengan bermacam-macam kegiatan dan telah melaksanakan beberapa program kegiatan/pekerjaan sebelum kegiatan TMMD dinyatakan dan dibuka secara resmi oleh Bupati Lebong, Dr.H Rosjonsyah S.IP, M.Si.

Dandim 0409 RL, Letkol Inf. Sigit Purwoko SE melalui Pasiter Satgas TMMD 109 Kapten, CBA. Muhammad Arief Purwoko mengungkapkan, pekerjaan yang sudah dikerjakan Kodim 0409 RL beserta jajaran bersama masyarakat, selama pra TMMD ke-109 yaitu, pembuatan pondasi rabat beton, pengupasan badan jalan, penimbunan dan pemadatan badan jalan .

”Meski ditengah pandemi Covid-19, Alhamdulillah kami sudah mampu mengerjakan beberapa item pekerjaan di pra TMMD. Dan hasilnya cukup signifikan. Mudah-mudahan bisa membantu tercapainya target keperjaan yang menjadi sasaran pokok TMMD ke-109 tahun 2020 ini,” ungkapnya.

Masih Menurut Kapten CBA Muhammad Arief Purwoko, adapun sasaran pokok pekerjaan di TMMD ke-109 tahun 2020 ini, yaitu yang menghubungkan Desa Seblat Ulu ke dan menuju Desa Sungai Lisai dalam wilayah Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Sasaran lainnya yaitu, perbaikan sarana/rumah ibadah atau Mesjid dan Pos Kamling .

Sementara sasaran non fisik TMMD ke-109 kata Dandim, penyuluhan di bidang kesadaran bernegara, kesadaran bela negara, kamtibmas, pelatihan wawasan kebangsaan, kesehatan, dan kesejahteraan rakyat.

‘Untuk sasaran non fisik, ada beberapa item yang harus dilaksanakan Kodim 0409 RL selama berlangsungnya TMMD Ke-109, yang tentunya bekerjasama dengan leading sektor lain terutama Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong,” pungkasnya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here