Kopli Ansori-Fahrurrozi Berikan Bantuan Atasi Kerusakan Irigasi Air Baloi

0
392

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Pemerintah Kabupaten Lebong pasca mengetahui adanya puluhan hektar lahan persawahan warga Kelurahan Topos, Kecamatan Topos Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu yang mengalami kekeringan sehingga berdampak dan berpotensi mengalami gagal tumbuh dan gagal panen sebagaimana diberitakan oleh Media Online PortalBengkulu.com dan media cetak yang terbit di Bengkulu (07/03/202 lalu).
https://portalbengkulu.com/2022/03/kekeringan-puluhan-hektar-sawah-warga-kelurahan-topos-terancam-gagal-panen/.

Dengan tidak membutuhkan waktu lama dan birokrasi yang panjang, Hari Jum at (11/03/2022) Bupati Lebong Kopli Ansori melalui Wakil Bupati, Drs. Fahrurrozi M.Pd memimpin langsung OPD tehnis terkait, diantaranya Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Hedi Perindo bersama Tim dan Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR-Hub Lebong Arman ST dengan Tim dan dipandu Camat Topos, Zerly SH melakukan peninjauan dan mencari, menganalisa berikut menyimpulkan serta mengatasi permasalahan yang menjadi penyebab kekeringan pada lahan persawahan warga sebagaimana dimaksud.

Dan sungguh sangat luar biasa, problem dan permasalahan yang menjadi penyebab kekeringan tersebut ditemukan dan tim yang dipimpin Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi tersebut langsung mampu mengatasi sebab dan permasalahan kekeringan yang terjadi.

Berdasarkan hasil kajian dari peninjauan tim yang melakukan penelusuran saluran irigasi Air Baloi ditemukan kerusakan yang sangat parah pada lantai saluran irigasi dan terjadinya mitigasi alam yang menyebabkan terjadinya penurunan debit air yang menjadi sumber air Irigasi Air Baloi, sehingga dengan pertimbangan mendesak terkait besarnya kebutuhan air untuk mengairi lahan persawahan warga dianggap dan dibutuhkan perbaikan pada lantai saluran irigasi.

Menyikapi hal tersebut dan berdasarkan kesepakatan bersama warga yang ikut menyertai tim melakukan penelusuran untuk sementara waktu dibutuhkan tindakan darurat dengan memasang lembaran plastik pada lantai saluran Irigasi. Menurut warga dibutuhkan ratusan meter plastik untuk dapat dipasang pada lantai saluran irigasi dengan tujuan agar air dapat disalurkan ke lahan warga yang mengalami kekeringan.

Demi mendengar dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh tim dan warga, Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi atas nama Bupati Lebong Kopli Ansori dengan spontan menyanggupi untuk memberikan bantuan kepada warga guna mendapatkan ratusan meter plastik yang dibutuhkan tersebut.

“Jika itu dapat dan mampu mengatasi permasalahannya, saya atas nama Bupati Lebong Kopli Ansori siap memberikan bantuan terkait plastik yang dibutuhkan itu,” sebut Fahrurrozi.

Setelah dilakukan perhitungan nilai nominal yang dibutuhkan untuk pembelian plastik yang dibutuhkan tersebut, terlihat Wakil Bupati Lebong menyerahkan sejumlah uang tunai kepada perwakilan warga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here