KIM Kecamatan Air Dikit Siap Cerdaskan Masyarakat Melalui Informasi

PEWARTA : DIA
RABU 19 DESEMBER 2018

PORTAL MUKOMUKO – Dinas Komunikasi dan Informatikan (Kominfo) Kabupaten Mukomuko, telah membentuk lima kecamatan sebagai pilot project untuk pembinaan dan sosialisasi penguatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Kelima kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Lubuk Pinang, Air Manjuto, XIV Koto, Kota Mukomuko dan Air Dikit. Untuk meningkatkan peranan KIM, Dinas Kominfo menggelar kegiatan sosialisasi KIM. Kegiatan dilakukan dalam rangka penguatan kelompok masyarakat yang menerima, melakukan verifikasi, menganalisa serta mengolah data informasi. Dengan itu, dapat memberi nilai tambah dalam meningkatkan aktifitas guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

Di Kecamatan Air Dikit, sosialisasi penguatan KIM usai dilaksanakan. Bahkan, pengurus dan anggota KIM langsung memberikan respon posistif dan langsung membuat terobosan secara cepat. Sekretariat KIM Kecamatan Air Dikit telah disiapkan di Desa Dusun Baru V Koto sebagai wadah informasi. Selain itu, struktur keanggotaan KIM telah disusun dan siap menjalankan tugas serta fungsinya dengan baik. Dan di Kabupaten Mukomuko, KIM Kecamatan Air Dikit merupakan yang pertama dan langsung melakukan persiapan serta penyusunan program yang akan dilaksanakan.

”Kita selaku pelindung KIM Kecamatan Air Dikit memberikan dukungan dan apresiasinya untuk pengurus dan anggota KIM. Sebelumnya, sosialisasi dari Dinas Kominfo untuk penguatan juga sudah dilaksanakan. Kita langsung memantau kegiatan KIM dan mengecek lokasi sekretariat yang telah disiapkan sebagai wadah untuk menampung informasi dari masyarakat,” ungkap Iskameri, S.Pd, M.Si, Camat Air Dikit.

Ketua KIM Kecamatan Air Dikit, Sarifudin mengatakan pihaknya bersama anggota langsung melakukan persiapan segala sesuatunya untuk pelayanan informasi. Sekretariat telah disiapkan guna menampung seluruh informasi dari masyarakat.

”Bersama-sama anggota, pengurus dan pihak terkait kita langsung mengambil tindakan. Sekretariatnya sudah ada dan siap untuk menampung dan memberikan informasi. Kita juga saling berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” kata Sarifudin.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko, Drs.H Ruslan, M.Pd saat dikonfirmasikan memberikan apresianya. KIM dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan yang dapat mendorong motivasi masyarakat dalam berpartisipasi aktif penyelenggraan pemerintahan dan pembangunan.

“Kami berikan apresiasi kepada pengurus dan anggota KIM Air Dikit yang memberikan motivasi dan kreativitasnya dalam rangka penyebarluasan, sosialisasi. Dan sebagai wadah untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintahan. Dalam mengolah informasi, KIM memulai dengan menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama dan mengembangkan jaringan informasi,” pungkas Ruslan. 

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *