Over Kapasitas, Lapas Arga Makmur Tambah Ruang Tahanan.

PORTAL BENGKULU UTARA – Mengingat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Arga Makmur, jumlah tahanannya sudah melebihi kapasitas. Direncanakan Tahun 2017 ini bakal dibangun ruang tahanan baru, ruang tahanan yang ada hanya cukup untuk 200 orang tahanan. Sementara, tahanan yang ada,  mencapai 400 orang lebih.
Lapas Arga Makmur
” Kapasitas ruang tahanan kami sudah tidak dapat menampung, para narapidana yang berasal dari tiga Kabupaten yakni Benteng, BU dan Muko-muko. Untuk itu, tahun 2017 ini diwacanakan bakal ada pembangunan ruang tahanan baru, mengingat tahanan kita sudah mencapai 400 orang,” ungkap Kepala Lapas Kelas II B Arga Makmur BU Wahyu.
Sejauh ini, pihaknya masih mengusulkan untuk adanya pembangunan rehab total. Dimana, akan lebih diutamakan pada tempat kemanan dan tempat pembinaan. Untuk tempat pembinaan sendiri dijelaskan Wahyu, akan dibuatkan blok tahanan khusus bagi anak dan wanita, akan dibuat sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku.
Kepala Lapas Arga Makmur, WAHYU
” Kita berharap adanya pembangunan rehab total, agar dapat memisahkan blok bagi para narapidana khusus seperti anak-anak dan wanita. Saat ini, yang baru dapat dipisah hanyalah tahanan wanita dan pria, smeentara anak-anak dan pria dewasa masih disatukan di beberapa ruang tahanan. Hal ini sebenarnya tidak sesuai dengan prosedur dalam aturan yang berlaku. Untuk itu pembangunan ini akan segera direalisasikan,” bebernya.
Selain itu, disisi lain pihaknya juga masih kekurangan petugas sipir tahanan dan tenaga pembinaan. Dilihat dari jumlah tahanan yang mencapai 400 orang, hanya di jaga oleh 60 personil saja, dan ini snagat tidak sebanding jika terjadi sesuatu hal seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Dimana, beberapa Napi mengamuk yang mengakibatkan satu sipir tahanan menjadi korban buli para tahanan. 
” Kami sangat berharap sekali usulan pembangunan tambahan ruang tahanan ini, dapat diterima oleh Pemerintah Pusat. Selain itu juga, harapan kami petugas sipir juga dapat ditambah agar dapat mengoptimalkan pembinaan dan penjagaan di Lapas ini,” pungkas Wahyu.(Firdaus)
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *