PLTMH SukaJaya Rusak, Jaringan Kabel Digulung

PEWARTA: RAI SAPUTRA KAUR 
 JUMAT 26 MEI 2017 



PORTAL – Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH) di Desa Sukajaya Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Propinsi Bengkulu saat ini tidak lagi dirasakan manfaatnya bagi warga setempat lantaran sudah tidak beroperasi lagi alias rusak, lantas jaringan kabel juga digulung oleh warga dan disimpan di gudang desa.

Rusaknya PLTMH tersebut, kata Mantan Kades Sukajaya, Sihardin bukan yang pertamakali, selagi ia menjabat Kades sudah pernah memperbaiki PLTMH itu sebab anggaran perbaikan dari pemerintah memang tidak tersedia.

“Semasa saya menjabat Kades memang pernah rusak dan kami perbaiki sendiri, sebab anggaran perbaikan dari pemerintah waktu itu menang tidak ada, tapi sekarang listrik sebagian warga sudah dari PLN otomatis PLTMH sudah diabaikan,” kata Sihardin.

Kepala desa Sukajaya, Muhlisin (30) membenarkan PLTMH di Sukajaya kondisinya rusak, dan pihak pemerintah desa belum ada anggran untuk melakukan perbaikan.

“Kalau ada anggaran nanti kita perbaiki, termasuk jaringan kabel dan tiang terutama kincir yang di kelola Dinas PRKP kami akan mencoba menghubungi Dinas tersebut untuk mendapatkan solusinya,” kata Kades.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PRKP KAur Endi Yurizal melalui Kabis Perumahan Rakyat, Sarpol ST membenarkan, pemeliharaan jaringan listrik dan PLTMH dan PLTS termasuk lampu jlan merupakan tanggung jawab dan wewenang pihaknya.

“Iya benar, pemeliharaan jaringan listrik PLTMH dan PLTS merupakan tanggung jawab Dinas PRKP termasuk lampu jalan,” tutup Sarpol.

Editor: Uj

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *