Akomodir Kepentingan Petani, Dinas Pertanian Siagakan Alsintan

0
1034
PEWARTA: RAI SAPUTRA 
 SELASA 18 JULI 2017
 


PORTAL KAUR – Guna mengakomodir kepentingan para petani setempat soal peralatan pertanian, Dinas Pertanian Kabupaten Kaur menyiagakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) masing-masing 7 unit Hand tractor roda dua dan pompa air sebanyak 20 unit tersedia juga eksavator.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kaur melalui Kabid Sarana dan Prasarana Ir Darselin, Selasa (18/07) mengungkapkan, jika petani membutuhkan peralatan Alsintan seperti hand tracktor, eksavator, atau pompa air dapat dipinjamkan dengan sistim sewa.
“Mekanismenya sudah kita tentukan dengan prosedur pinjaman, para petani atau kelompok tani dapat menggunakannya dengan sistim sewa, untuk tractor di lahan kering harga sewanya Rp 1 Juta perhektar, lahan basah Rp 300 Ribu perhektar, dan eksavator sewanya perhari Rp 500 Ribu, sementara pompa air hanya Rp 5 Ribu perhari,” ungkap Darselin, Selasa.
Alat-alat tersebut, disimpan di sekretariat pertanian Padang Kempas, agar terawat dengan baik dan terlindungi direncanakan tahun depan akan dibangun gudang dan perbengkelan, lokasi nya di belakang kantor Dinas Pertanian. 
“Tahun depan kita rencanakan membangun gudang dan bengkel sebab peralatan alsintan akan bertambah lagi, bersumber dari anggaran dana aspirasi Partai Nasdem dan PDIP DPR-RI melalui Kementrian Pertanian,” terang Dia.
Editor: Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here