Disebut Kabupaten Termiskin, RL Geber Program Percepatan Pembangunan

0
762
PEWARTA: ZULFIMAIDI 
 SELASA 18 JULI 2017 

PORTAL REJANG LEBONG – Dengan menyandang predikat sebagai empat besar  kabupaten termiskin di provinsi Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong terus berbenah. Salah satu yang menjadi indikatornya adalah penyediaan air bersih dan sanitasi. Hal itu disampaikan dalam sosialisasi program Pamsimas 3 di gedung pola Pemkab RL Senin (17/07).
Kepala Bappeda RL, Ir Zulkarnain MT didampingi Kordinator Pamsimas RL Nofrizen mengemukakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan khususnya tentang penyediaan air bersih dan kesehatan lingkungan.
“Dua sektor pembangunan ini merupakan urusan wajib yang diserahkan oleh Pemerintahan pusat kepada pemerintahan daerah,” kata Zulkarnain Senin.
Kata Dia, layanan pamsimas bidang AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) ini merupakan upaya strategis dalam peningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat serta memiliki dampak ekonomis bagi daerah.  
“Program andalan pamsimas 1 dan 2 ini telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan memiliki akses layanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat,” terang dia.
Untuk terus meningkatkan akses universal dimasyarakat dilanjutkan dengan pamsimas 3 dari tahun 2016 s/d tahun 2019 pada desa-desa yang ada dikabupaten Rejang Lebong. Dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat dan keterlibatan seluruh lapisan masyarakat. 
Untuk itu Ia mengajak seluruh elemen terkait, untuk secara bersama mencapai akses universal Air Minum dan Sanitasi perdesaan sampai Tahun 2019, dengan Penuh Komitmen dan Tanggungjawab dari seluruh Pelaku – pelaku Program Pamsimas. esa.
Apa yang harus kita lakukan untuk Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Rejang Lebong, salah satunya menjalankan Program Pamsimas tersebut. Untuk itu, pesan kepada konsultan Pamsimas di Kabupaten Rejang Lebong supaya mendamping Masyarakat Rejang lebong dengan sungguh-sungguh dan Benar supaya Tidak Tersandung dunia akhirat.
Ruang lingkup program pamsimas mencakup 5 komponen Program diantaranya, 
1.       Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan daerah dan Desa.
2.       Meningkatkan Perilaku Higienis dan Sanitasi
3.       Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Umum
4.       Hibah Insentif
5.       Dukungan Teknis dan Menajemen Pelaksanaan Percepatan Program.
Peserta Sosialisasi ditingkat Kabupaten diikuti oleh Perwakilan seluruh Desa, dam Perwakilan Kecamatan dari desa-desa Dikabupaten Rejang Lebong. Hadir Kepala Desa dan perangkat Pemerintahan Desa, Kader Pemberdayaan Masyrakat, Kader AMPL, Badan Pengelola Sarana Air Minum dan Sanitasi (BPSPAM), Kelompok Keswadayaan Masyarakat, Camat dan Perangkat Kecamatan, Tenaga Pendamping Desa, Puskesmas dan Sanitarian.
Editor: Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here