Jaksa Dampingi DD, Jika Diselewengkan Kades Bersiap Diproses Hukum

0
455
PEWARTA : SULISWAN
 KAMIS 24 AGUSTUS 2017 


PORTAL BENGKULU UTARA – Sesuai instruksi Presiden RI, Ir Joko Widodo, dijadwalkan di seluruh Indonesia secara serentak mengadakan sosialisasi tentang Dana Desa (DD) dan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah TP4D. 

Di Bengkulu Utara sosialisasi tersebut atas prakarsa Kejaksaan Negeri setempat, Kamis (24/08) digelar di balai Ratu Samban, menghadirkan 215 Kades dari 19 kecamatan sekabupaten BU. Guna memberikan pemahaman kepada segenap elemen terkait terutama para kades dalam pengelolaan DD dan ADD.
Kepala Kejaksaan Negeri BU, Fathuri SH pada kesempatan itu mengatakan, pihak kejaksaan beserta TP4D akan mendampingi pelaksanaan pembangunan yang didanai oleh DD supaya dapat berjalan dengan baik dan meminimalisir terjadinya penyimpangan.
” Kami menghibau kepada Kades agar baliho APBDes di kantor Desa masing-masing, gunanya untuk diketahui oleh masarakat tentang DD dan ADD, termasuk siapapun yang berkunjung ke Desa tersebut dapat mengetahuinya,” pesan Kajari kepada segenap Kades, Kamis (24/08).
Diharapkan oleh Kajari, kedepan tidak ada lagi penyelewengan dalam pelaksanaan DD, bila masih ditemukan juga Dia tegaskan, maka para pelaksana siap-siap saja untuk diproses secara hukum. Dari 215 desa sekabupaten BU, kata Fathuri, hanya 1 desa yakni Lubuk Tanjung yang belum mencairkan DD 2017 ini.
Sementara itu, Bupati Bu Ir Mian menyampaikan, Begitu besarnya DD yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat, dapat diterapkan sebaik-baiknya dengan pembanunan fisik yang menyentuh langsung kepada kepentingan masarakat di desa masing-masing.
” Saya berharap para pendamping pelaksanaan DD ikut bertanggung jawab bila terjadi penyelewengan, atas kerja dan tanggung jawab tersebut maka perangkat desa diberi gaji,” harap Bupati.
Dengan diadakannya sosialisasi ini, kepala dinas PMD BU, Ir Budi Sampurno juga menyampaikan pesannya kepada para Kades supaya memahami pesan dan himbauan serta materi yang disampaikan oleh Kajari, Bupati dan nara sumber lainnya.
Selain Bupati, Kajari, Kepolisian, hadir pula dalam kesempatan itu, segenap unsur FKPD, OPD serta camat dan Kades juga unsur terkait lainnya.
Editor : Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here