RSUD Kaur Krisis Listrik, Genset 500KVA Bantuan Kemenkes Belum Dapat Dioperasikan

0
850
PEWARTA : RAI SAPUTRA 
 JUMAT 25 AGUSTUS 2017 

PORTAL BENGKULU UTARA – Seringnya terjadi gangguan listrik PLN membuat para pasien yang menjalani rawat inap di rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaur, termasuk karyawanya sendiri kalang kabut. Pasalnya, genset sebagai pembangkit listrik cadangan di RS tersebut belum dapat dioperasikan lantaran belum meiliki izin operasi dan Sertifikat Laik Operasi (SLO).
Tersedianya genset berkapasitas 500 Kilo Volt Ampere (KVA) atau hampir setara dengan 500 Ribu watt hanya menjadi pajangan belaka. Menariknya genset dengan kapasitas setara dengan itu di perusahaan tambak udang, kata warga setempat bisa beroperasi.
Direktur RSUD Kaur, dr Ahmad Mufti membenarkan genset yang dimiliki oleh RS berasal dari bantuan Kementerian Kesehatan tahun 2016 tersebut belum mengantongi izin untuk dapat dioperasikan dan belum ada jaringannya. 

“Kami sudah mengusulkan anggaran untuk perlengkapan genset, namun usulan tersebut belum disetujui,” kata dr Mufti, Jumat.
Dengan demikian tidak ada jalan lain apabila terjadi gangguan atau pemadaman listrik PLN pihak rumah sakit termasuk pasien selama ini harus menggunakan lilin. Sebagai upaya penanggulanagn, kata Mufti, pihaknya mengambil genset hibah dari pemeritah daerah.
“Mudah-mudahan dengan adanya genset hibah dari pemda, apabila listrik PLN mati kita tidak lagi gelap-gelapan,” tutur Dia,  

Editor : Uj


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here