Tingkatkan Ketrampilan Tenaga Konstruksi, PUPR Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Tenaga Lapangan

0
463
PEWARTA : SULISWAN
 SELASA 08 AGUSTUS 2017



PORTAL BENGKULU UTARA – Mengingat pesatnya perkembangan bidang jasa konstruksi, maka diperlukan tenaga terampil dalam pelaksanaannya di lapangan serta memahami Undang-undang tentang jasa konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum dan penataan ruang (PUPR) Bengkulu Utara pada Senin (07/08) adakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan bagi tenaga lapangan.

Para peserta diberikan bekal pemahaman tentang UU Nomor 27 Tahun 2017 yang merupakan perubahan kesekian dan penyesuaian dari UU nomor 18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi, sertya pelatihan dan sertifikasi.

“Dengan pesatnya kemajuan dan perkembangan dalam bidang jasa konstruksi, kita perlu memberikan bekal yang disesuaikan kepada tenaga lapangan terutama soal Undang-undang dan keterampilan serta sertikasi,” tutur Asisten II Sekdakab Bengkulu Utara, Ir Untung Pramono MSC yang hadir dalam kesempatan tersebut, Senin.

Dalam acara yang digelar di balai Ratu Samban Arga Makmur hingga tanggal 12 agustus tersebut, para peserta mendapatkan pemahaman yang disampaikan pemateri dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang.

“Kita juga berharap, dengan adanya pelatihan ini para tenaga lapangan lebih meningkat lagi hasil pekerjaannya dan hasil pembangunan menjadi lebih baik, berdaya tahan lebih tinggi dan efektif serta efisien,” harap Asisten II.

Tahun ini Dinas PUPR BU mengelola sedikitnya Rp 70 M untuk pembangunan fisik baik itu jalan, bangunan maupun jaringan irigasi. Hal ini tentunya berkaitan langsung dengan UU yang baru disahkan tersebut.

Kadis PUPR BU Heru Susanto ST menuturkan, dalam Undang-undang Baru tersebut bukan hanya mengatur soal konstruksi namun juga syarat-syarat perusahaan yang diperbolehkan mengerjakan pekerjaan konstruksi. Hal ini juga berkaitan langsung kualitas pembangunan yang dilakukan.

“Kedepannya Undang-undang ini akan menjadi dasar kita dalam melakukan pekerjaan, dan memang harus dipatuhi,” tutur Heru.

Ketua Panitia Penyelenggara Syafrial Oswari SH yang juga selaku Kabid Jasa Konstruksi Dinas PUPR BU saat itu mengemukakan, sosialisasi yang digelar merupakan amanat dari UU, diharapkan dapat dipahami oleh para konstraktor dan tenaga konstruksi pelaksana lapangan.

“Pelatihan ini akan berlangsung hingga tanggal 12 Agustus mendatang. Bagi peserta yang mengikuti pelatihan dan dinyatakan lulus akan mendapatkan sertifikat resmi dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang,” tutur Oswari.

Editor: Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here