Penuhi Kebutuhan Air Sawah Rumbai Abu, Pemerintah Bangun Jaringan Irigasi 25,9 M

0
418
PEWARTA : RAI SAPUTRA 
 RABU 20 SEPTEMBER 2017 



PORTAL KAUR – Sawah di Rumbai Abu sebelumnya tidak dapat digarap oleh warga petani setempat. Pasalnya, debet air yang dibutuhkan untuk mengairi sawah seluas tidak kurang dari 280 hektar itu tidak mencukupi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Manau Sembilan Satu Kecamatan Padang Guci Hulu Kabuipaten Kaur kepada awak media ini Rabu (20/09). Kata Kades, untuk memenuhi kebutuhan air tersebut, tahun ini dibangun jaringan irigasi lanjutan senilai Rp 25,9 milyar lebih.

” Pembangunan jaringan irigasi berupa bendungan beserta saluran primer dan scunder sedang dibangun, mudah-mudahan nanti persawahan Rumbai Abu dapat digarap atau dikerjakan sebagaimana fungsinya,” tutur Kades, Rabu.

Berbeda dengan sawah Durian Pamah, sekalipun hanya seluas 48 hektar, kebutuhan air mencukupi, dan hasil panennya dinilai cukup memuaskan, sehingga tahun ini pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan sebesar Rp 10 Juta untuk biaya penggarapan, termasuk pestisida, pupuk, bibit dan pemagaran.

” Selain itu setiap kelompok petani Durian Pamah mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) berupa hand tractor,” kata Kades menambahkan.

Editor : Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here