TPK Desa Bukit Indah Mengaku Sukses Kerjakan Jalan Konstruksi Telford

0
1801
PEWARTA : RAI SAPUTRA 
 MINGGU 17 SEPTEMBER 2017 


PORTAL KAUR – Bendahara TPK Desa Bukit Indah Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, Misdi, mangakui pihaknya telah berhasil mengerjakan pembangunan jalan dengan konstruksi Telford. Pekerjaan pengupasan badan jalan lebar 5 meter, efektif dipasang pengerasan telford selebar 2,5 meter di desanya itu panjangnya 500 meter.
Sekalipun masih terdapat sejumlah material di sisi jalan, dan kontruksi jalan itu juga tidak menggunakan batu pecah ukuran 15/20, Misdi mengatakan, pembangunan jalan itu menghabiskan 117 M3 batu 10/15 ditambah dengan ukuran 5/7 sebanyak 60 M3 serta pengunci akhir berupa sirtu 70 M3.
” Termijn pertama sebesar 60 persen sudah dapat dilakukan karena pekerjaan dinilai sudah selesai, material batu pecah ukuran 10/15 dan 5/7 kita pecah secara manual memperkerjakan tenaga kerja desa setempat sebagai pemecah batu dengan upah Rp 30 Ribu per meter kubik,” tutur Misdi, Minggu.
Sekedar untuk diketahui, Perkerasan jalan menggunakan  Konstruksi Telford yaitu susunan batu pecah berukuran besar (10/15 dan 15/20) disusun berdiri dengan batu pecah yang lebih kecil mengisi rongga diatasnya sehingga rata, kemudian dipadatkan/digilas dengan mesin gilas, selanjutnya ditabur sirtu diseluruh permukaan untuk dibabar basah.

Jika dikerjakan sesuai dengan ketentuan, hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan pondasi Telford temuan dari Ir Scotlandia Thomas Telford ini antara lain, penopang tepi pada pondasi terlepas, batu yang dipakai ternyata tidak tahan aus, beban yang diderita terlalu besar, sehingga gesekan yang tersedia untuk melawan beban tersebut tidak mencukupi.


Editor : Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here