Ikrar Kesetiaan Terhadap Pancasila

0
570
PEWARTA : SULISWAN 
 SENIN 02 OKTOBER 2017 


PORTAL BENGKULU UTARA – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang biasanya dilaksanakan pada tanggal 1 oktober, lantaran bertepatan dengan hari libur minggu, maka upacara  di Kabupaten Bengkulu Utara digelar pada Senin (02/10).

Bupati BU Ir Mian yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam penyampaiannya mengemukakan tentang momen penting hari kesaktian pancasila menjadi kesepahaman terhadap ideologi bangsa yang harus tetap dijaga dan dipertahankan.

” Hari Kesaktian Pancasila jangan hanya dimaknai seremonial belaka, yang lebih penting dari itu semua adalah menjadikan Pancasila perilaku sehari hari dalam berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,” imbau Bupati.

Pada upacara yang dikomandani oleh Pasi Intel Kodim 0423 Lettu Inf. Azwar kali ini, Ikrar kesetiaan terhadap Pancasila dibacakan oleh salah seorang personil TNI yakni Pelda Pendi.

Ikrar
Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:
Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Bangsa Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan, Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara
Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperoleh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Editor : Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here