Setahun Lebih Kapal Bantuan Kementerian Belum Dioperasikan

0
747
PEWARTA : RISMAIDI 
SABTU 3 FEBRUARI 2018 


PORTAL MUKOMUKO – Setelah setahun lebih Kementerian Desa (Kemendes) RI meluncurkan bantuan kapal penangkap ikan ke Desa Mandi Angin Jaya Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko, hingga saat ini belum dapat dioperasikan.
Pasalnya, kapal seharga Rp 1,1 milyar yang didatangkan dari Cirebon Jawa Barat itu belum mengantongi Surat Izin Operasi (SIO). Saat ini hanya menjadi barang mahal yang tidak berfungsi di pantai Rajawali Bantal.
Diakui oleh Kades Mandi Angin Jaya,  Hanasrum, kapal tersebut belum berani dioperasikan oleh nelayan setempat karena belum adanya izin operasi.
“Sejak 25 Desember 2016 lalu, kapal itu belum pernah dioperasikan. karena nelayan kita belum berani mengoperasikannya lantaran belum ada SIO,” tutur Hanasrun via ponsel.
Pihak Kemendes yang datang di desa tersebut kata Kades, mengintruksikan agar menyiapkan dokomen-dokumen guna persaratan pengurusan SIO kapal tersebut. Selain itu juga diminta agar membuat usulan pembangunan/pemecah gelombang.
“Mengingat,  jika dimusim pasang, ombak di laut di pantai rajawali Bantal sangat luar biasa dahsyat terjangannya, pihak Kemendes menyarankan agar kita membuat usulan pembangunan pemecah gelombang,” kata Kades.
Selain itu, kata Kades, kapal yang beroperasi membutuhkan galangan apabila sedang berlabuh. Sedangkan galangannya belum ada. 
“Kami mengucapkan terimakasih atas segala bantuan yang diberikan, dan semuanya dapat terealisasi pada tahun ini,” demikian Kades.

Editor : Uj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here