BID, Bupati Ajak Masyarakat Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas

PEWARTA : DIA

SENIN 15 OKTOBER 2018

PORTAL MUKOMUKO – Pada Senin (15/10), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Mukomuko, menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) yang dilaksanakan di baseman Kantor Bupati Mukomuko. Kegiatan yang dibuka langsung Bupati, H Choirul Huda, SH dihadiri seluruh kepala desa, lurah dan camat se Kabupaten Mukomuko. Selain itu juga hadir pejabat OPD dan FKPD.

Kadis PMD Kabupaten Mukomuko, Saroni, SH memaparkanbahwa  dalam laporannnya kegiatan ini bertujuan menjembatani kebutuhan pemerintah daerah atas solusi peyelesaian masalah dan alterative penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif. Mendisiminasi program inovasi desa, menginformasikan inovasi desa, pelaku yang melakukan inovasi desa memperkenalkan inisiaif inovasi kepada masyarakat untuk peningkatan kualitas pembangunan. Juga membuat komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau meretivikasi dalam bursa inovasi desa guna pembangunan di desa.

”Dengan peserta kegiatan terdiri dari Kepala Desa, Badan Musyawarah Desa, Tokoh Masyarakat, TPID, Pendamping Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Inovasi Kabupaten kami berharap setiap desa dan juga kelurahan yang ada dapat meningkatkan setiap program-program untuk kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat. Semua peserta diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini dapat terjaring komitmen untuk mengadopsi replikasi inovasi sesuai dengan analisis dan kebutuhan desa masing-masing,” papar Saroni.

Bupati, H Choirul Huda, SH saat membuka acara menyampaikan replikasi inovasi desa harus bisa mengadopsi untuk perkembangan dan peningkatan pembangunan dan kesejahteraan sesuai dengan kultur dan sumber daya masyarakat (SDM). Dana yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik dengan kreativitas dan inovatif yang efektif guna kesejahteraan masyarakat desa.

”Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi yang berkembang bagi setiap masyarakat di desa dengan ruang lingkup kabupaten. Bursa inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten. Dengan itu, kita mengharapkan kreatifitas masyarakat lebih ditingkatkan lagi,” pungkas bupati. 

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *