Peringatan HPN Ditargetkan Mampu Mendorong Kesuksesan Visit Wonderful Bengkulu 2020

PEWARTA :  DIA

PORTAL MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko ditunjuk sebagai tuan rumah perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Bengkulu. Kesempatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Pemerintah Kabupaten Mukomuko untuk mengangkat nama Daerah. Momentum ini, akan dimanfaatkan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Visit Wonderful Bengkulu 2020 yang menjadi target Provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Bupati Mukomuko, H Choirul Huda, SH melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko, Drs. H. Ruslan, M.Pd, Pemkab Mukomuko mengalokasikan dana untuk mensukseskan HPN tingkat Provinsi Bengkulu pada tahun 2019. Dana tersebut diplotingkan untuk beberapa kegiatan, diantaranya, Pencatatan Rekor Muri Tari Gandai dengan peserta terbanyak dan Festival Danau Nibung.

“Selain itu, karena ini momen HPN, kita akan mengadakan Sosialisasi Undang-Undang Pers. Sasaran kita adalah Kepala Desa dan Kepala Sekolah,” urai Ruslan.

Diharapkan melalui even Pencatatan Rekor Muri ini, Tari Gandai yang merupakan kebudayaan tradisional dari Mukomuko semakin dikenal secara nasional maupun dunia. Dengan dikenalnya Tari Gandai ini, muncul rasa penasaran dan keinginan masyarakat luar untuk menyaksikan langsung tarian ini.

“Kita menginginkan, Mukomuko juga menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengunjungi Bengkulu, salah satunya karena Tari Gandai-nya,” jelas Kadis.

Pencatatan Rekor Muri tari yang sudah terdaftar dalam warisan budaya tak benda (WBTB) Nasional di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) ini tidak lain untuk mempromosikan salah satu kekayaan Mukomuko dalam bidang kebudayaan. Menurutnya, bagian penting dalam rangka menarik  wisatawan untuk datang ke daerah adalah melalui promosi yang berkelanjutan.

Even yang masih dalam rangkaian HPN tingkat Provinsi Bengkulu pada tahun ini yaitu Festival Danau Nibung. Diterangkannya akan digelar hiburan rakyat yang mendatangkan artis nasional pada even Festival Danau Nibung ini. Danau Nibung diketahui objek wisata di Kabupaten Mukomuko yang sudah masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi (Ripparprov) Bengkulu.Even Festival Danau Nibung ini bagian kegiatan kepariwisataan yang dilakukan Diskominfo untuk mengisi pembangunan yang sudah dilakukan sebelumnya baik oleh Pemkab Mukomuko maupun Pemprov Bengkulu.

“Makanya tema besar HPN kali ini ‘Kapuang Sati Ratau Batuah Menuju Visit Wonderful 2020’,” demikian Ruslan.(adv)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *