59 Warga Terserang ISPA dan 7 Orang Positif DBD, Kepala Puskesmas: Jaga Kebersihan Serta Kesehatan Lingkungan!

PEWARTA : DERY A PRAMANDA

PORTAL MUKOMUKO – Dalam kurun waktu sebulan terakhir, Puskesmas Dusun Baru V Koto, Kecamatan Air Dikit, Kabupaten Mukomuko menerima laporan penderita penyakit dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kecamatan Air Dikit. Sebanyak 7 orang warga Desa Pondok Lunang diketahui positif menderita penyakit DBD dan telah mendapatkan perawatan intensif baik itu di puskesmas maupun di RSUD Mukomuko.

Tak hanya DBD, sebanyak 59 orang warga Kecamatan Air Dikit mulai usia anak-anak hingga orang dewasa menderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), 8 orang menderita diare dan penderita penyakit malaria sebanyak 3 orang. Kesemua warga yang terserang penyakit telah mendapatkan penangan medis.

Kepala Puskesmas Dusun Baru V Koto, Kecamatan Air Dikit, Siti Maryamsi, SKM membenarkan terkait data dan laporan warga yang menderita penyakit. Menurutnya, penanganan medis telah diberikan. Sedangkan untuk penderita DBD juga telah ditangani, bahkan dirujuk ke RSUD Mukomuko untuk mendapatkan perawatan intensif.

”Dalam sebulan terakhir memang banyak warga yang menderita penyakit diantaranya DBD, ISPA, diare dan malaria. Kami sudah memberikan penanganan medis. Khusus untuk DBD, memang dibawa ke RSUD Mukomuko untuk lebih mendapatkan perawatan intensif. Sedangkan untuk penderita penyakit lainnya, Alhamdulillah saat ini sudah membaik,” ungkapnya.

Guna mencegah penyebaran penyakit, Siti Maryamsi menerangkan bahwa khusus untuk DBD sendiri telah dilakukan upaya fogging. Tujuannya untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD. Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan juga dilakukan.

”Rumah warga yang terserang penyakit DBD telah dilakukan fogging. Kita juga selalu berkoordinasi dengan petugas dan juga pemerintah desa serta kecamatan agar masyarakatnya selalu berupaya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Dengan demikian agar dapat mencegah penyakit,” pungkasnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *