Cegah Kekerasan Terhadap Anak, Sakti Peksos ”Goes To School”

PEWARTA : DERY A PRAMANDA

PORTAL MUKOMUKO – Tingginya angka kasus dugaan kekerasan terhadap anak baik sebagai korban maupun pelaku, membuat keprihatinan yang mendalam. Hal itu membuat pihak Kementerian Sosial harus bekerja lebih ekstra. Salah satu langkah yang dilakukan adalah melakukan tindakan preventif. Salah satu program yang dikembangkan Kementerian Sosial adalah “Sakti Peksos Goes To School”.

Satuan Bakti Pekerja Sosial Perlindungan Anak (Sakti Peksos PA) bertugas melakukan pendampingan kepada anak korban. Diberikan tugas untuk memberikan edukasi dan penanaman nilai-nilai tentang apa itu kekerasan seksual, apa saja jenisnya, ciri-ciri pelaku kekerasan, situasi apa saja yang bisa memicu terjadinya kekerasan seksual, dan bagaimana mereka menghindarinya. Dengan demikian harapanya anak-anak di usia sekolah dapat terhindar dari kekerasan seksual dan memiliki ketahanan diri sabagai benteng untuk menghindari kasus kekerasan seksual pada anak.

Sakti Peksos Kementerian Sosial Kabupaten Mukomuko menggelar kegiatan “Sakti Peksos Goes To School” di SMPN 15 Mukomuko dan SMPN 43 Mukomuko. Kegiatan bertujuan untuk mencegah tindak kekerasan di lingkungan sekolah, mencegah pengaruh negatif penggunaan sosial media dan internet, mencegah dan mengetahui bahaya narkoba di lingungan siswa sekolah, dan mencegah terjadinya penyimpangan perilaku sosial.

Kegiatannya mendapat sambutan hangat dari pihak sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, dewan guru serta seluruh siswa dan siswi.

Weri Tri Kusumaria, SH, MH selaku Sakti Peksos Kabupaten Mukomuko mengatakan bahwa program emerintah melalui Kementerian Sosial dalam upaya pencegahan meningkatnya tindakkan kekerasan anak , penyalahgunaan narkoba, serta pergaulan bebas dan kasus bullying yang banyak melibatkan anak usia sekolah.

”Anak merupakan generasi bangsa yang berhak atas hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan serta berpartisipasi sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Dalam situasi apapun anak wajib mendapatkan posisi strategis untuk mengembangkan kreativitas dan mengekspresikan diri serta mendapatkan haknya seutuhnya dengan perlindungan yang maksimal,” ungkapnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *