Wujudkan Perubahan, Pemkab Mukomuko Gelar Musrenbang RPJMD 2021-2026

PORTAL MUKOMUKO – Dalam rangka muwujudkan visi dan misi pembangunan jangka menengah tahun 2021-2026 menuju masyarakat Kabupaten Mukomuko yang maju, mandiri, berkarakter, mandiri berbasis agro, perikanan, berilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertakwa, Pemkab Mukomuko menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mukomuko 2021-2026 secara virtual di Gedung Media Center Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko pada Kamis, 27 Mei 2021.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Mukomuko, H Sapuan dan dihadiri oleh Wakil Bupati Mukomuko, Wasri, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), M Ali Syaftaini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan Sekretaris Daerah serta narasumber dari Badan Perencanaan Nasional Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Turut hadir seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan se Kabupaten Mukomuko secara virtual.

“Musrembang ini merupakan rangkaian dalam pelaksanaan RPJMD dan acuan dalam melaksanakan program pembangunan selama 5 tahun kedepan,” ujar Bupati Mukomuko, Sapuan.

Pelaksanaan Musrenbang RPJMD merupakan amanat Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah mengamanahkan bahwa kepala pemerintah daerah mempunyai tugas menyusun dan mengajukan rancangan perda RPJMD, RPJPD dan RPJMT kepada DPRD.

“RPJMD ini agenda strategis dalam penajaman klarifikasi, kesempatan dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah 5 tahunan,” imbuhnya.

Sapuan menyampaikan dalam kurung waktu 5 tahun yang akan datang, Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko telah menetapkan visi dan misi sebagai target utama pencapaian dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah secara kolektif dan terintegrasi.

“Setiap perangkat daerah harus fokus pada prioritas pembangunan dan program prioritas yang inovatif dan betul-betul memiliki manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Gubenur Bengkulu, Rohidin Mersyah yang diwakili oleh Asisten III Setda Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto mengatakan melalui Musrembang RPJMD diharapkan Pemkab Mukomuko mendapatkan kesepakatan dan masukan yang produktif untuk pembangunan Kabupaten Mukomuko 5 tahun yang akan datang.

“Kita berharap melalui rapat ini dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam pembangunan 5 tahun yang akan datang. RPJMD ini harus mampu menjabarkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko untuk mewujudkan masyarakat Mukomuko yang maju, mandiri, berkarakter dan mandiri berbasis agro, perikanan, berilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertakwa. Melalui musrenbang ini pemerintah kabupaten harus mampu mewujudkan perubahan yang lebih baik.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *