Dinas Kesehatan Lebong Serahkan Kartu BPJS Kepada Keluarga Siswa Kurang Mampu

0
369

PEWARTA : RUDHY M FADHEL
PORTAL LEBONG – Pasca mencuat dan viral di publik social media ditemukannya seorang siswa salah satu sekolah menegah lanjutan pertama yang menjalani hidup dalam kondisi kekurangan dan sempat melakukan perbuatan yang tidak terpuji yakni mengambil sejumlah uang di salah satu rumah ibadah yang berada di wilayah Kecamatan Lebong Selatan demi untuk bisa mengisi perutnya yang kecil (makan) dan demi untuk bertahan agar dapat tetap bersekolah (melanjutkan pendidikan) sebagaimana diberitakan oleh media PortalBengkulu.com.

Pemkab Lebong Salurkan Bantuan Anak Terlantar yang Diduga Sempat Lakukan Tindakan Tak Terpuji

Sikapi Kebutuhan Siswa Kurang Mampu, Kepala SMPN 06 Lebong Berikan Bantuan

Tidak ingin kecolongan lagi, Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Kesehatan hari ini dan setelah berkordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kantor Cabang Kabupaten Lebong menyerahkan Kartu Jaminan kesehatan kepada keluarganya yang mana didapati keluarga tersebut terdata di dalam data DTKS Kementerian Sosial dimana juga keluarga tersebut berhak untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari dan dibiayai oleh Negara (JKN – APBN).

Hal ini terkuak setelah awak media portalBengkulu.com perwakilan Lebong meminta dilakukan croschek data Nomor Induk Keluarga (NIK) keluarga tersebut ke pihak Bidang Sosial Dinas PMDSos dan Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankesmas) Dinas Kesehatan Lebong didapati bahwa keluarga dimaksud adalah keluarga penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) nomor 6013 0167 1235 7340 yang berlaku sejak dari 08/17 sampai dengan 08/22. Akan tetapi sudah tidak pernah menerima bantuan sejak dari satu tahun lalu (saldo selalu kosong).

Dan anak dimaksud juga adalah penerima program bantuan sosial Indonesia pintar dan pemilik dan pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) No.KIP : T7P7YM. Namun sejak duduk di bangku sekolah lanjutan pertama/SMP -+ satu setengah tahun tidak menerima bantuan sepeserpun. Keluarga ini berharap hal ini dapat ditelusuri dengan alasan masih sangat membutuhkan bantuan dimaksud.

Terklait hal tersebut diatas Bupati Lebong Kopli Ansori melalui pesan Whatsapp kepada awak media ini berjanji untuk mencarikan solusi yang terbaik.

“Masyaa Allaah. Siap akan dicari solusi terbaiknya,” Tulis Kopli Ansori pasca menerima kiriman vidio kegiatan kunjungan Kepala Dinas PMDSos, Hartoni dan Kabid Sosial Jusrawenny di kediaman anak tersebut.

Hari ini Dinas Kesehatan Lebong, Rachman SKM, M.Si melalui Kepala Puskesmas Perawatan Lebong Selatan Apri Yani yang diwakili Kepala Tata Usaha, Beza dengan didampingi Tripika Kecamatan Lebong Selatan yang terdiri dari Babinkamtibmas Polsek Lebong Selatan Brigpol Hartawan dan Babinsa Koramil 409-02 L/S Pelda Suparman dan Kasi Pemerintahan Camat Kecamatan Lebong Selatan Marison SE. Dan tidak ketinggalan juga dihadiri oleh kepala sekolah siswa dimaksud yakni Ustad Kondang Kabupaten Lebong Arwen Wahab yang ikut mengantar anak didiknya untuk ikut menerima kartu jaminan kesehatan secara langsung.

Kepala Dinas Kesehatan menyebutkan bahwa pihaknya melalui Puskesmas Perawatan Tes hari ini memberikan dan mendistribusikan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional kepada dan teruntuk seluruh keluarga siswa dimaksud. Berdasar data terhimpun dari orang tua siswa siswa dimaksud mereka sebelum ini tidak pernah menerima kartu sebagaimana yang diserahkan hari ini.

“Terima kasih saya sampaikan kepada bapak ibu semua yang sudah peduli dan telah sudi memberikan perhatian kepada anak kami dan kami sekeluarga,” sebut Aksirmanto seraya menyeka air matanya.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here