Pemkab Mukomuko: Prokes Ketat, Pelaksanaan Pilkades Berjalan Lancar!

0
74

PORTAL MUKOMUKO – Pada Senin (1/11/2021) Pemerintah Kabupaten Mukomuko melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 47 desa yang tersebar di 14 kecamatan. Pelaksanaan Pilkades yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat sukses digelar tanpa suatu hambatan.

Dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara keseluruhan yakni 44.258 mata pilih, tingkat partisipasi warga yang menyalurkan hak pilihnya mencapai angka 86,71 persen. Sedangkan sisanya yakni sebanyak 1,44 persen suara dinyatakan tidak sah. Dan sebanyak 12,66 persen warga dinyatakan tidak menyalurkan hak pilihnya.

Pilkades sendiri mendapatkan pengawalan ketat baik dari jajaran Kepolisian, TNI dan sejumlah pihak yang terkait lainnya. Bupati Mukomuko bersama Wakil Bupati serta jajaran Pemerintah Kabupaten Mukomuko turut memantau langsung jalannya pilkades. Selain itu, Ketua dan anggota DPRD pun ikut turun ke lapangan.

“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades di 47 desa sudah selesai digelar dan berjalan lancar. Dari pantauan penerapan prokesnya sangat baik. Dalam pelaksanaan Pilkades juga langsung dilakukan gebyar vaksinasi Covid-19 di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Target vaksinasi pada sebanyak 20 ribu jiwa. Masyarakat yang sudah memilih langsung vaksin,” ungkap Bupati Mukomuko, Sapuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mukomuko, Gianto, SH, M.Si mengatakan bahwa pada pelaksanaan pilkades ini penerapan prokes di setiap TPS cukup baik dan ketat. Menurutnya, pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan tingkat partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya sangat tinggi.

“Pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan kita ikut langsung melakukan pemantauan. Penerapan prokesnya sangat baik. Panitia Pilkades menyediakan tempat cuci tangan, kemudian handsanitizer dan masker, serta dilakukan pengecekan suhu tubuh. Masyarakat antusias menyalurkan hak pilihnya,” kata Gianto.

Ditambahkan Gianto, secara keseluruhan tahapan pilkades mulai dari awal berjalan dengan baik. Pihaknya memperkirakan untuk pelantikan kades terpilih diperkirakan pada Desember mendatang.

”Intinya untuk pelaksanaan pilkades dari awal sampai akhir sudah terlaksana dengan baik. Tinggal menunggu jadwal pelantikan saja. Kemungkinan pada Desember mendatang,” tutup Gianto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here