Tingkatkan Pembangunan Fisik dan Non Fisik, Bupati Mukomuko: Sejahterakan Masyarakat dan Tekan Angka Kemiskinan!

PEWARTA : YADI
PORTAL MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko terus berupaya meningkatkan program pembangunan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Pembangunan fisik dan non fisik akan terus ditingkatkan demi kelancaran aktifitas masyarakat. Pembangunan fisik yang dibutuhkan masyarakat menjadi skala prioritas dalam target pembangunan. Selain itu, pembangunan non fisik seperti peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing pun turut ditingkatkan.

Sebagai bentuk persiapan, Pemerintah Kabupaten telah sukses menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 beberapa waktu lalu. Kegiatan yang digelar di Aula Bappelitbangda Mukomuko dibuka secara langsung oleh Bupati Mukomuko, H Sapuan.

Musrenbang dilaksanakan dalam hal membahas dan menyepakati hasil musrenbang dari tingkat desa/kelurahan dan kecamatan, yang mana pada saat forum perangkat daerah yang lalu, telah ditentukan program dan kegiatan prioritas. Membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat kabupaten dan perangkat daerah yang belum tercakup dalam prioritas pembangunan desa dan kecamatan dan menyusun RKPD Kabupaten Mukomuko tahun 2024. Selain itu, musrenbang sebagai media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan (stakeholders) daerah untuk menetapkan program dan kegiatan daerah serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya.

Dalam sambutanya, Bupati Mukomuko, H Sapuan mengatakan Musrenbang RKPD Kabupaten Mukomuko tahun 2024 ini merupakan media utama sinergi dan kolaborasi bagi segenap pelaku pembangunan di Kabupaten Mukomuko.

“Aspirasi masyarakat dalam bentuk berbagai masukan serta saran, merupakan informasi yang sangat penting dan dapat dijadikan pertimbangan mendasar untuk menetapkan program dan kegiatan pembangunan daerah serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program dan kegiatan nasional tahun 2024,” kata Bupati.

Lanjutnya, bahwa pelaksanaan Musren RKPD Kabupaten Mukomuko tahun 2024 mengangkat tema “Pemantapan Daya Saing, Konektivitas Wilayah dan Pembangunan Sumber Daya Manusia”. Sejalan dengan tema tersebut maka untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan APBD ditengah kelesuan ekonomi nasional maupun global serta peningkatan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Prioritas utama yakni terus meningkatkan indeks pembangunan manusia, menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi serta terus berupaya menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Mukomuko yang kita cintai ini. Fokus utama dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2024 nanti lebih diarahkan pada peningkatan pembangunan, daya saing, konektivitas wilayah dan pembangunan sumber daya manusia serta memperhatikan amanat pemerintah pusat terkait fasilitasi pendanaan pemilihan umum kepala daerah serentak,” imbuh Bupati.

Dalam rangka terus mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mukomuko, Bupati berharap bantuan dan dukungan terutama dari pemerintah Provinsi Bengkulu, pemerintah pusat melalu balai-satker kementerian teknis serta DPRD untuk merealisasikan usulan kegiatan terutama dengan pembiayaan yang bersumber dari APBD Provinsi dan APBN seperti diantaranya peningkatan jalan dan jembatan yang ada di Kabupaten Mukomuko, karena hal tersebut sangat mendukung kelancaran akses transportasi yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ditambahkan Bupati, dalam rangka mengakselerasi pembangunan yang merata dan berkeadilan, maka Pemerintah Kabupaten Mukomuko menetapkan program prioritas daerah Kabupaten Mukomuko tahun 2024 meliputi :

1. Peningkatan kualitas sumber daya manusia;

2. Penanggulangan kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem dan perlindungan sosial.

3. Pembangunan infrastruktur yang berdaya saing

4. Penguatan daya saing ekonomi daerah.

5. Peningkatan tata kelola pemerintahan.

Seluruh program unggulan tersebut diharapkan nantinya akan mampu memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh dan berkembangnya ekonomi masyarakat secara luas.(adv)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *