Peringatan Hari Anak Nasional, Pemkab Mukomuko Raih Anugrah KLA 2023

PEWARTA : YADI
PORTAL MUKOMUKO – Pada Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023 yang diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah, Pemkab Mukomuko meraih penghargaan anugrah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Kabupaten Mukomuko masuk dalam daftar penerima anugerah KLA dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia tahun 2023.

”Kita bersyukur atas anugerah KLA 2023 ini dan dengan raihan anugerah ini tentunya kita berterima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi semua pihak.  Capaian KLA ini juga menjadi momentum bagi kita untuk memastikan bahwa Kabupaten Mukomuko adalah daerah yang sangat memperhatikan dan peduli dengan kak anak,” ungkap Bupati Mukomuko, Sapuan Sekda Mukomuko, Abdiyanto.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Mukomuko, Vivi Novriani mengatakan bahwa proses penilaian KLA ini dilaksanakan secara bertahap selektif dan sistematis. Sehingga tidak semua daerah mampu meraih predikat anugerah KLA program tahunan Kementerian P3A Republik Indonesia. Penghargaan KLA yang di raih Kabupaten Mukomuko ini untuk seluruh anak Kabupaten Mukomuko.

”Penilaian KLA ini melalui tahapan dan proses yang cukup panjang. Alhamdulillah Kabupaten Mukomuko tahun ini menerima anugerah KLA. Dan Pemkab Mukomuko diundang untuk menghadiri dan menerima anugerah KLA di Semarang, Jawa Tengah. Puncak penganugerahan KLA ini bertepatan dengan momen peringatan Hari Anak Nasional,” kata Vivi.

Menurut Vivi, setiap daerah penerima anugerah harus memenuhi standarisasi penilaian yang telah ditetapkan tim penilai dari kementerian. Ada 6 Kluster yang dinilai untuk mendapatkan anugerah Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) ini seperti penilaian kluster hak sipil dan kebebasan, kemudian kluster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, selanjutnya kluster kesehatan dasar dan kesejahteraan, kluster pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kebudayaan. Terus kluster perlindungan khusus dan kluster penilaian Kartu Identitas Anak (KIA).(adv)

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *