Dinas Dukcapil Kepahiang Targetkan Seluruh Anak Miliki KIA

PEWARTA : M FAUZI

RABU 3 OKTOBER 2018

PORTAL KEPAHIANG – Melalui program Kartu Identitas Anak (KIA), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepahiang menargetkan seluruh anak mulai usia 0 sampai 17 tahun memiliki KIA. Di tahun 2018 ini, Dinas Dukcapil menargetkan sebanyak 7.500 KIA dan tahun depan akan menuntaskannya. Dengan target itu, pada Rabu (3/10), Dinas Dukcapil menggelar sosialisasi KIA bertempat di aula. Sosialisasi mengahadirkan, Kepada Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu, M Ikhwan, SH, MH sebagai narasumber. Turut hadir dalam pembukaan, Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, camat, guru TK, SD dan SMP serta undangan dalam kegiatan sosialisasi itu.

”Ya, kita targetkan program KIA ini seluruh anak yang ada di Kabupaten Kepahiang memiliki KIA. Semua persiapan untuk pencapaian target telah kita lakukan. Termasuk kegiatan sosialisasi ini,” ungkap Kadis Dukcapil Kabupaten Kepahiang, Ir. Nyanyu Elia Hasana, M.Si

Sementara, Kadis Dukcapil Provinsi Bengkulu, M Ikhwan mengatakan bahwa sebelumnya sesuai dengan Permendagri Nomor 2, seluruh anak wajib memiliki identitas. Namun, penggunaannya hanya di lingkup kelompok tertentu. Dengan program KIA, pihaknya yakin akan mendorong pendataan yang lebih efektif.

”Tahun sebelumnya ada program untuk identitas anak. Namun, hanya secara parsial dan diakui di kelompok tertentu saja. Seperti kartu yang dikeluarkan sekolah, kelompok belajar dan juga kegiatan kepramukaan. Dengan adanya KIA, kita yakin dapat mendorong pendataan secara menyeluruh. Dan lebih baik lagi, KIA dikeluarkan bersamaan dengan Akta Kelahiran,” papar Ikhwan.

Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid dalam sambutannya menerangkan bahwa program KIA sangatlah penting. Hal itu untuk menjamin kepastian hukum dan hak-hak anak. Untuk melaksanakan program itu, tentu membutuhkan fasilitas dan peralatan yang memadai.

”Sangat penting dalam memberikan kepastian hukum dan hak anak. Di dinas masih banyak minim prioritas pendataan anak, khususnya anak yang baru lahir. Keterbatasan fasilitas alat serta operator juga menjadi kendala dan kedepan akan dilakukan pembahasan ,” pungkasnya.

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *