Bendahara Desa Se-Kabupaten Kepahiang Ikuti Pelatihan Aplikasi Siskeudes

PEWARTA : FAUZI

KAMIS 20 DESEMBER 2018

PORTAL KEPAHIANG – Mulai Rabu Tanggal 19 sampai 21 Desember, Dinas Sosial-PMD Kabupaten Kepahiang menggelar pelatihan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018. Kegiatan dilaksanakan di aula salah satu hotel di Kabupaten Kepahiang. Tujuannya untuk mewujudkan keuangan desa yang partisifatip, akuntabel, transparan dan tertib serta disiplin anggaran. Selain itu dalam rangka menunjang Kabupaten Kepahiang yang maju, mandiri dan sejahtera. Dalam pembukaan pelatihan dihadiri Asisten II Pemkab Kepahiang, Kepala Dinas Sosial-PMD, perwakilan dari BPKP Provinsi Bengkulu dan seluruh Bendahara Desa (Bendes) se Kabupaten Kepahiang.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial-PMD, Jan Johanis Djalos  melalui Kabid PPKDT, Sainubi, SE.

“Pelatihan yang dilakukan ini adalah untuk memperkenalkankan siskeudes dari versi 1.6 ke versi 2.0. Dan Kita para bendahara desa se kabupaten maupun satgas dari kecamatan dapat melaksanakan dalam penataan keuangan desa lebih baik. Baik mulai dari Peraturan Desa (Perdes) maupun penyusunan RAPBDes dan APBDes. Kalau dulunya manual kini sudah pakai aplikasi,” kata Sainubi.

Salah seorang perwakilan dari BPKP Provinsi Bengkulu Bidang Pengendalian Teknis,  M Mansyur menyampaikan dalam pelatihan yang digelar diharapkan dapat diikuti dengan baik. Agar dapat diterapkan di setiap desa.
”Rencana memang 3 hari digelar pelatihan ini. Untuk aplikasi sendiri dibagi secara gratis. Kalau kendala lebih kembali ke desa seperti tidak bisa computer. Selain itu adanya pergantian bendahara di desa. Harapan kita jelas bahwa aplikasi ini bisa dipergunakan oleh desa khususnya dalam hal pengelolaan keuangan desa,” pungkas Mansyur.
banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *