Sejak 2017, 4 Orang Warga Di Kepahiang Diduga Idap HIV

0
634

PEWARTA : FAUZI

SENIN 4 FEBRUARI 2019

PORTAL KEPAHIANG – Sejak 2017 lalu hingga saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang menerima laporan data warga yang diduga mengidap HIV. Pada kurun waktu 2017 sampai 2018, tercatat 2 orang yang positif HIV. Dan di awal 2019, 2 orang juga terdata juga mengidap HIV. Dimana pasiennya, seorang ibu dan anak.

“Yang terdata di dinas ada dua orang yang berobat rutin ARV atau anti virus dan pengobatan seumur hidup.┬áPada tahun 2019 ini ada lagi yang positif HIV.┬áJadi total terdata ada empat orang. Untuk penularan sendiri dari data yang ada mereka terjangkitnya di luar daerah Kepahiang dan mereka ODHA diketahui mengidap setelah diperiksa di sini (Kepahiang, red). Khusus untuk kasus terbaru penderita yang pernah ditangani oleh pihak RSUD Kepahiang kita berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu,” sampai Saprialis A Gani, Plt Kepala Dinkes Kabupaten Kepahiang.
Ditambahkannya, untuk mengantisipasi pencegahan penularan penyakit tersebut, pihak Dinkes melakukan sosialisasi dan penyuluhan melalui Puskesmas-puskesmas. Selain itu, sosialisasi ibuat dalam bentuk spanduk.
“Untuk pencegahan kita dari dinas memberikan penyuluhan melalui puskesmas kepada resiko tinggi seperti ibu hamil, LGBT. Selain melalui puskesmas kita memberikan informasi melalui famlet. Kita menghimbau untuk menerapkan pola hidup sehat karena penularan penyakit ini untuk gejala awalnya agak sulit terdeteksi dan biasanya diketahui setelah ada pemeriksaan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here