DD Segera Digulirkan, Pemerintah Desa Diwarning Laksanakan Program Sesuai Ketetapan!

0
94

PEWARTA : DIA

SELASA 5 MARET 2019

PORTAL MUKOMUKO – Jika tidak aral melintang Dana Desa (DD) tri wulan pertama akan segera digulirkan. Untuk desa-desa di Kabupaten Mukomuko sendiri sampai saat ini telah melakukan persiapan. Bahkan, laporan APBDes telah disampaikan baik ke pihak kecamatan dan juga Pemkab Mukomuko. Ditargetkan untuk laporan APBDes bakal rampung dalam bulan Maret ini. Seluruh kades diwarning untuk dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketetapan. Jika terbukti menyalahi dan terdapat unsur melanggar hukum dalam hal ini korupsi, bakal ditindak secara tegas.

”Kalau semuanya sudah beres dan laporan APBDes-nya tuntas, kemungkinan secepatnya DD bisa digulirkan. Untuk waktunya masih menunggu konfirmasi lebih lanjut. Yang jelas, kami dari pihak Dinas PMD menghimbau agar seluruh desa nantinya mampu melaksanakan  kegiatan sesuai dengan ketetapan yang berlaku,” ungkap Eka Purwanto, Kabid Pemdes Dinas PMD Kabupaten Mukomuko.

Bakal  bergulirnya  DD mendapat tanggapan  serius dari pihak Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) Kabupaten Mukomuko. Menurut Ketua,  Weri Tri Kusuma, SH, pihaknya bakal mengawal langsung perguliran DD dan pelaksanaan pembangunan yang menggunakan DD.

”Kami sudah menerima informasi itu, dan kami juga sudah mengumpulkan datanya. Kami akan  mengawal mulai dari pencairan sampai ke pelaksanaan  pembangunan infrastruktur,” kata Weri.

Jika nantinya terdapat kebijakan yang melanggar, Weri menegaskan akan menindaklanjutinya. Pihaknya juga mewarning Kades beserta perangkatnya juga termasuk Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) untuk dapat bekerja sesuai ketetapan.

”Kita himbau para kades dan perangkatnya dalam pelaksanaan pembangunan nantinya untuk mengikuti aturan dan ketetapan yang sudah ada. Jangan sampai timbul masalah, apalagi kalau sampaiada dugaan korupsi. Tentu kami tidak akan tinggal diam. Tugas kami sebagai lembaga yakni mengawasi. Tidak menutup kemungkinan akan  menindaklanjuti jika kedapatan ada yang menyalahi aturan,” pungkas Weri diamini Sekretaris, M Toha, S.Sos.I.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here